Pembuatan Studio Musik, Podcast, Youtube Berbahan Silent Wall dan Acourete Resin.

Anda mencari bahan peredam suara atau kedap suara yang bagus dan dijamin bisa kedap maksimal? dengan densitas 1700 kg/m3 dan 2000 kg/m3 maka silent wall dan acourete resin bisa menjadi pilihan yang cocok dan pasti bisa memenuhi kebutuhan anda.

Ada beberapa persyaratan untuk membuat ruangan kedap suara yang tidak bocor suara masuk atau keluar ruangan. Pastikan bahwa ruangan tersebut sudah anda persiapkan sejak lama dan memenuhi kebutuhan akan kedap suara maksimal terutama jika sekelilingnya ada banyak sumber kebisingan suara.

Pertama, pastikan ruangan bebas dari kebisingan yang sangat mengganggu seperti di pinggir jalan, dekat bandara, stasiun kereta dan lainnya. Kedua pastikan bahwa tembok dan plafon ditutup dengan bahan yang maksimal sehingga kebisingan dalam ruangan kecil atau bahkan hilang sama sekali. Jangan pernah menggunakan tembok dari gypsum partisi kosong dengan kebisingan suara yang tinggi. Ketiga, pastikan anda membangun kedap suara dulu baru kemudian akustik suaranya. Kedap suara tidak akan berguna jika bahan yang anda gunakan untuk memblokir suara tidak sesuai speknya.

5 PRINSIP DASAR INSULASI SUARA ATAU SOUNDPROOFING

Bila anda membangun sebuah ruangan yang digunakan untuk aktifitas yang berkaitan dengan suara, misalnya Home Theater dan studio ataupun ruang rapat/konferensi dan ruang konser, ada 2 hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah bagaimana membuat ruangan terisolasi secara akustik dari lingkungan sekitarnya dan yang kedua bagaimana mengkondisikan ruangan agar berkinerja sesuai dengan fungsinya. Hal pertama sering disebut sebagai insulasi (membuat ruangan kedap suara atau soundproof), sedangkan yang kedua adalah pengendalian medan akustik ruangan. Kedua hal ini seringkali tertukar balik bahkan tercampur-campur dalam penyebutannya, sehingga tidak jarang orang menyebut mineral wool atau glasswool misalnya sebagai bahan kedap suara, dimana seharusnya adalah bahan penyerap suara.

Bila pernyataan mineral wool /glasswool adalah bahan kedap suara benar, bisa dibayangkan apa yang terjadi bila dinding ruang hanya terbuat dari bahan mineral wool / glasswool saja. Alih-alih ingin menghalangi suara tidak keluar ruangan, yang terjadi adalah suara keluar ruangan dengan bebasnya. Apa yang harus kita lakukan apabila kita ingin membuat ruangan yang terisolasi secara akustik dari lingkungannya atau dalam bahasa sehari-hari ruangan yang kedap suara.

Ada lima prinsip yang harus diperhatikan. agar suara system tata suara kita (yang terkadang dibeli dengan dana yang tidak sedikit) dapat dibunyikan sesuai dengan keinginan kita tanpa harus mendapatkan response (dari tetangga ataupun keluarga kita sendi-ri) “ berisik, tolong kecilkan donk” atau bahkan dilempari batu…:)..

Lima prinsip dasar itu adalah :
1. Massa
2.Dekopling Mekanik atau isolasi mekanik
3.Absorpsi atau penyerapan suara
4.Resonansi
5.Konduksi
Prinsip 1: Massa
Prinsip massa ini berkaitan dengan perilaku suara sebagai gelombang. Apabila gelombang suara menumbuk suatu permukaan, maka dia akan menggetarkan permukaan ini. Semakin ringan permukaan, tentu saja semakin mudah digetarkan oleh gelombang suara dan sebaliknya, seperti halnya kalo anda mendorong troley kosong akan lebih ringan dibandingkan mendorong troley yang terisi penuh dengan batu bata. Tentu saja untuk membuat perubahan besar pada kinerja insulasi, perlu perubahan massa yang besar pula. Secara teoritis, dengan menggandakan massa dinding kita (tanpa rongga udara), akan meningkatkan kinerja insulasi sebesar 6 dB. Misalnya anda punya dinding drywall gypsum dengan single stud, maka setiap penambahan layer gypsum akan memberikan tambahan insulasi 4-5 dB.

Prinsip 2: Dekopling Mekanik
Prinsip dekopling ini adalah prinsip yang paling umum dikenal dalam konsep insulasi. Sound clips, resilient channel, staggered stud,dan double stud adalah beberap contoh aplikasinya. Pada prinsipnya dekopling mekanik dilakukan untuk menghalangi suara merambat dalam dinding,atau menghalangi getaran merambat dari permukaan dinding ke permukaan yang lain. Energi suara/getaran akan “hilang” oleh material lain atau udara yang ada diantara 2 permukaan. Yang seringkali dilupakan, dekopling mekanik ini merupakan fungsi dari frekuensi suara,karena pada saat kita membuat dekopling, kita menciptakan system resonansi., sehingga system dinding hanya akan bekerja jauh diatas frekuensi resonansi itu. Insulasi akan buruk kinerjanya pada frekuensi dibawah ½ oktaf frekuensi r esonansi. Jika anda bisa mengendalikan resonansi ini dengan benar, maka insulasi frekuensi rendah (yang merupakan problem utama dalam proses insulasi) akan dapat dicapai dengan baik.

Prinsip 3: Absorpsi atau penyerapan energi suara
Penggunaan bahan penyerap suara dengan cara disisipkan dalam system dinding insulasi akan meningkatkan kinerja insulasi, karena energy suara yang merambat melewati bahan penyerap akan diubah menjadi energi panas (utk menggetarkan partikel udara yang terperangkap dalam pori2 bahan penyerap. Bahan penyerap ini juga akan menurunkan frekuensi resonansi system partisi/dinding yang di dekopling. (Pernahkah anda mencoba meletakkan mineral wool/glasswool didepan center loudspeaker system Home Theater anda? Coba bandingkan bila anda letak- kan di depan subwoofer anda?)

Setelah anda mencoba, maka anda akan memahami, bahwa insulasi atau soundproofing tidak ditentukan semata oleh bahan penyerap apa yang diisikan dalam dinding anda. Jika anda menggunakan dinding sandwich konvensional (kedua permukaan dihubungkan oleh stud )dan anda isi celah diantaranya dengan bahan penyerap suara, suara akan tetap dapat lewat melalui stud tanpa harus melalui bahan penyerap suara. Jadi bahan penyerap hanya akan efektif bila ada dekopling.

Prinsip 4: Resonansi
Prinsip ini bekerja bertentangan dengan prinsip 1, 2, dan 3, karena resonansi bersifat memudahkan terjadinya getaran. Bila getaran terjadi pada frekuensi yang sama dengan frekuensi resonansi system dinding anda, maka energi suara akan dengan mudah menembus dinding anda (seberapa tebal dan beratpun dinding anda). Ada 2 cara untuk mengendalikan resonansi ini:
Redam resonansinya, sehingga amplituda energi yang sampai sisi lain dinding akan sangat berkurang. Anda dapat menggunakan visco-elastic damping compund, tapi jangan gunakan Mass Loaded Vinyl.
Tekan frekuensi resonansi serendah mungkin dengan prinsip 1, 2 dan 3. distributor peredam suara ruangan

Prinsip 5: Konduksi
Ingat bahwa suara adalah gelombang mekanik, sehingga apabila dinding anda terhubung secara mekanik kedua sisinya, maka suara akan dengan mudah merambat dari satu sisi ke sisi lainnya. Untuk mengendalikannya tentu saja ada harus memotong hubungan mekanis antara sisi satu dengan sisi yang lain, misalnya dengan dilatasi antar sisi, menyisipkan bahan lain yang memiliki karakter isolasi lebih tinggi (beda Impedansi Akustik atau tahanan akustik), menggunakan studs dengan cara zigzag, dsb. Konduksi ini juga yang seringkali menyumbangkan problem flangking suara antar ruang. (Itu sebabnya pemberian dekopling/dilatasi pada lantai dan langit-langit juga penting. Sudahkan ruangan theater atau studio anda mempertimbangkan hal diatas?

bagi anda yang mau membeli peredam suara, kami jual material peredam suara pada partisi dinding dengan kualitas terbaik dan harga yang murah. Semoga Bermanfaat

Pembuatan Studio Podcast: Pengertian, Sejarah, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Akhir – akhir ini, banyak sekali content creator maupun influencer yang membuat konten berbasis siaran radio atau sering disebut dengan istilah podcast. Banyak penonton yang tertarik dengan konten tersebut karena terdapat proses diskusi yang menarik dan terkesan lebih santai di dalamnya. Podcast adalah salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian publik karena terkesan lebih intens dan fleksibel jika dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.

Kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu podcast beserta jenis, sejarah, manfaat, hingga cara membuatnya. Sehingga, apabila anda tertarik dengan dunia penyiaran atau ingin membuat konten sendiri, maka anda dapat mencoba untuk membuat sebuah siaran radio yang menarik.

Pengertian podcast

Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Namun, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Saat ini anda juga dapat menggunakan podcast melalui aplikasi pihak ketiga yang dinamakan dengan Anchor. Karena sifatnya yang on-demand, podcast sangat digemari oleh pengguna internet saat ini daripada mendengarkan siaran dari radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, serta waktu.

Sejarah podcast

Salah satu jurnalis The Guardian, Ben Hammersley pada tahun 2004, mengusulkan istilah “podcast” yang merupakan kepanjangan dari “play-on-demand” dan “broadcast”. Kemudian, diadopsi oleh perusahaan Apple, pada produk iPod dan Apple Podcasts.

Kemudian, Apple merilis fitur podcast pada tahun 2005. Siaran audio tersebut sudah bermunculan pada berbagai jaringan radio yang ada, seperti BBC, NPR, CBC Radio One, dan lain sebagainya. Untuk sekarang, tidak hanya perusahaan besar yang dapat menayangkan sendiri podcastnya, namun anda juga dapat melakukannya sendiri.

Jenis – jenis podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, selanjutnya kita akan mengenal jenis – jenisnya. Sehingga, dapat menambah pengetahuan dan informasi anda mengenai dunia penyiaran.

  1. Interview podcast

Jenis yang pertama, merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

  1. Solo podcast

Jenis yang kedua merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Dimana, dilakukan oleh host dan pendengar.

  1. Multi host podcast

Jenis yang ketiga, merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

Sehingga, pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat, dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast anda.

Cara membuat podcast

Selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai cara membuat podcast yang baik dan tepat. Untuk dapat mengembangkan konten yang menarik, dibutuhkan beberapa kebutuhan yang harus terpenuhi. Berikut merupakan beberapa langkah untuk membuat sebuah siaran radio yang menarik.

  1. Menentukan tema yang tepat

Cara membuat podcast adalah pertama, pastikan untuk menentukan terlebih dahulu tema atau topik bahasan yang ingin anda kembangkan. Saat ini sudah banyak podcast yang ditayangkan secara publik melalui layanan musik digital.

Beberapa media podcast juga menyediakan beberapa kategori seperti komedi, olahraga, politik, musik, film, dan lain sebagainya. Pastikan anda telah memilih topik dan niche yang sesuai dengan minat dan ketertarikan anda.

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Kemudian, mempersiapkan segala kebutuhan mengenai alat dan bahan untuk proses pembuatan. Sebaiknya, anda jangan menggunakan mikrofon built-in pada laptop atau komputer. Akan tetapi, gunakan saja mikrofon secara terpisah dan lebih profesional.

Anda juga dapat memilih jenis mikrofon yang memiliki fitur peredam suara yang baik agar ketika proses pembuatan tidak terganggu suara di sekitar anda. Serta, lakukan proses rekaman di dalam ruangan yang memiliki peredam atau jauh dari kebisingan.

  1. Membuat konten sesuai tema yang ditentukan

Setelah menentukan tema dan mempersiapkan alat sedemikian rupa, selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah pembuatan atau script untuk rekaman podcast. Untuk pertama, anda dapat merancang rekaman untuk perkenalan diri anda terlebih dahulu.

Kemudian, membuat script untuk tayangan podcast sesuai durasi yang ditentukan. Pada umumnya durasi untuk setiap siaran berkisar antara 20 hingga 60 menit. Disesuaikan kembali dengan topik yang akan dibahas. Dalam membawakan sebuah podcast, gunakan bahasa yang lebih informatif, jelas, padat, dan interaktif dengan narasumber.

  1. Menggunakan editing software

Banyak sekali aplikasi pengedit audio yang dapat anda gunakan, seperti Audacity atau Adobe Audition. Untuk anda yang membutuhkan software gratis, maka dapat menggunakan Audacity. Jika membutuhkan layanan fleksibel dan aplikasi penyunting audio yang lebih kompleks, kami merekomendasikan Adobe Audition.

  1. Melakukan proses upload

Cara membuat podcast yang terakhir adalah dengan melakukan proses upload hasil audio yang telah selesai dibuat. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa keterangan penting seperti judul, seri, deskripsi, kategori, dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan layanan dari pihak ketiga (third-party) seperti Anchor untuk mengunggah tayangan podcast ke dalam berbagai platform media digital yang ada. Seperti podcast Spotify, SoundCloud, dan Youtube.

Manfaat adanya podcast

Berikut merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh podcast. Keunggulan tersebut tidak hanya dilihat dari aspek koneksi yang dapat dilakukan kapanpun. Namun juga terdapat beberapa manfaat penting yang lainnya, seperti berikut ini:

    Terdapat banyak variasi pilihan kategori

Manfaat yang pertama, terdapat banyak sekali topik bahasa yang dapat digunakan dalam membuat siaran podcast. Mulai dari kategori komedi, musik, film, politik, ataupun figur publik. Anda juga dapat menyesuaikan dengan konten channel anda sendiri.

    Tidak mengandung banyak iklan

Di dalam sebuah podcast, tidak menayangkan iklan meskipun anda tidak berlangganan. Berbeda dengan radio yang selalu diselipkan iklan di dalam sebuah siaran langsung. Sehingga, anda dapat mendengarkan rekaman atau diskusi dengan lebih nyaman dan fokus.

    Dapat mendengarkan siaran dengan lebih fleksibel

Manfaat yang paling penting, anda dapat mendengarkan siaran tanpa batasan waktu dan tempat. Anda juga dapat mengakses ketika berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau ketika merasa bosan. Podcast spotify menyediakan fitur yang memungkinkan anda untuk mengunduh tayangan nanti.

Kesimpulan

    Podcast adalah salah satu media yang termasuk ke dalam siaran radio dan dapat diakses kapan saja menggunakan jaringan internet. Podcast terbagi menjadi 3 jenis, yaitu interview, solo dan multi host.

    Cara untuk membuat sebuah rekaman audio yang baik adalah dengan menentukan topik, mempersiapkan alat, menyusun konten, melakukan proses editing, dan terakhir adalah melakukan proses rilis konten (uploading).

    Terdapat beberapa rekomendasi platform podcast Indonesia untuk menemani keseharian anda dan mengisi kebosanan. Sehingga, dapat menambah informasi serta meningkatkan mood anda di waktu tertentu.

Biaya Jasa Peredam Suara I Biaya Pasang Peredam Ruangan I Harga Bahan Peredam Suara I Biaya Kontraktor Peredam Suara I Biaya Pembuatan Peredam Karaoke I Biaya Pembuatan Peredam Studio Musik I Biaya Pasang Peredam Dinding Kamar Rumah Apartemen I Biaya Tukang Peredam Suara

Umumnya orang kebanyakan tidak tahu mengenai peredam suara baik peredam suara ruangan, peredam studio, peredam karaoke, peredam ruangan meeting dan sebagainya. Pemahaman orang awam bahwa peredam suara sebatas hanya memasang bahan peredam suara di dinding saja sehingga suara di ruangan dapat bagus. Namun kenyataannya berbicara peredam suara tidak semudah memasang bahan peredam suara saja.

Peredam suara pada dasarnya adalah bahan yang berfungsi untuk meredam suara yang keluar dari dalam sebuah ruangan, tentu saja suara yang keluar tersebut adalah suara yang bising misalnya suara studio musik. Bahan peredam suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan. Bahan ini diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tidak boleh diganggu oleh bising dari luar ruangan (misalnya studio rekaman, studio TV, ruang konser, dsb) atau yang fungsinya menghasilkan suara dengan energi yang besar sehingga tidak diinginkan untuk mengganggu mereka yang berada di luar ruangan (ruang Home Theater, ruang Drum, dsb). Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Yang kedua adalah bahan penyerap suara atau Sound Absorbing Material berfungsi untuk mengambil energi suara yang berlebihan di dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb).

Berbicara mengenai peredam suara, kita berbicara mengenai peredam suara dari dan kedalam ruangan serta meningkatkan kualitas suara. Jadi jika anda mau membuat ruangan peredam suara, maka pastikan bahwa anda memang membutuhkan 2 hal tersebut terutama jika anda mau membuat ruangan karaoke, studio musik, ruang meeting, ruang kelas, ruang konser dan sebagainya.

Jika demikian berapa biaya harga peredam suara yang harus dikeluarkan? Untuk menghitung biaya pemasangan peredam suara, maka anda akan menghitung biaya dan harga bahan material peredam suara dan biaya jasa pasang peredam suara.

Harga bahan peredam suara umumnya menggunakan bahan peredam suara seperti rockwool, glasswool, greenwool/healthywool dan sejenisnya seperti busa semprot. Harga masing masing bahan peredam ini berbeda beda dan selalu berbeda karena mengikuti kurs rupiah terhadap dollar. Umumnya bahan peredam suara rockwool dan glasswool masih impor sehingga biayanya masih cukup tinggi.

Namun bahan peredam suara sendiri harus dipasang ke dinding ruangan, plafon, lantai, jendela dan pintu sehingga menciptakan ruangan ruangan kedap suara yang benar benar diinginkan. Selanjutnya adalah tahap pemasangan bahan peredam gema atau bahan serap suara akibat dari kelebihan suara dalam ruangan. Umumnya ruangan yang baik menggunakan finishing berbahan dasar halus dan lunak seperti kain, busa dan sejenisnya. Hindari pemakaian bahan keras seperti wallpaper, cat yang akan merusak penyerapan suara dalam ruangan.

Sebagai kontraktor peredam suara kami akan membantu anda untuk:
1. Jasa pasang peredam suara ruangan
2. Jasa konsultasi peredam suara
3. Jasa pasang peredam serap suara/peredam gema
4. jasa penyedia bahan peredam suara dan bahan peredam gema

Menciptakan ruangan dengan akustik yang baik membutuhkan bukan sekedar pemasangan bahan peredam suara dan bahan peredam gema saja, namun juga memperhatikan fungsi ruangan tersebut sehingga kombinasi kedua bahan material tersebut dapat menciptakan ruangan kedap suara yang memiliki akustik suara yang bagus sesuai dengan fungsinya.

Banyak orang awam bertanya berapa biaya pasang peredam suara ruangan 3x4x3? Umumnya orang akan menjawab angka jutaan rupiah dan pemilik ruangan akan mencari penawaran termurah dengan harapan mendapatkan ruangan kedap suara yang bagus dengan harga murah. Namun apa yang terjadi?

Biaya pasang peredam suara tidak dapat diukur dengan suatu nilai rupiah tertentu sebelum faktor faktor seperti ukuran ruangan, bahan material yang digunakan, fungsi ruangan diketahui, bahan peredam gema dipakai, dan target decibel (sound meter) yang hendak dicapai dapat diketahui, maka biaya pasang peredam suara sulit diketahui. Oleh karena itu kami menyarankan anda untuk mengetahui sedikit informasi mengenai peredam suara ini agar anda faham apa yang anda beli, faham mengenai bahan peredam suara yang dipasang dan bahan peredam gema yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk jelasnya, biaya pasang peredam suara, biaya bahan peredam suara, jasa pasang peredam suara ruangan silahkan hubungi kami sebagai konsultan kontraktor peredam suara ruangan. Terimakasih.

Perbandingan Bahan Rockwool, Glasswool, Busa Telur dan Mat Resin Noise Armour dalam membuat Kedap Suara Ruangan

Cara paling mudah untuk menentukan atau memperkirakan apakah hasil kerja redaman pada dinding anda baik adalah dengan menghitung seberapa berat material redam anda per m2. Sebagai contoh anda bisa mencapai tingkat redaman yang cukup baik (48dB-50dB STC) hanya dengan 1 lapis dinding bata merah (14-16cm), tapi anda hanya akan mendapat tambahan nilai redam sebesar 6dB dengan menambah 1 lapisan bata dengan ketebalan yang sama.

Sering kita melihat/mendengar seorang kontraktor studio mengatakan banyaknya material glasswool/rockwool/busa telur yang dia pakai, agar meyakinkan kita bahwa pekerjaannya akan sesuai target redaman. Pada kenyataannya material glasswool/rockwool/busa telur bukan merupakan material utama dalam proses peredaman suara. Coba anda bayangkan sebuah ruangan yang terdiri hanya dengan glaswool/rockwool, tanpa tembok bata atau partisi gypsum disekelilingnya, dapat dipastikan bunyi akan merambat bebas kedalam ruangan.

Atau, suatu hari anda mendapat komplain dari tetangga anda atas suara musik yang anda dengar, kemudian anda beli beberapa roll glasswool kemudian anda tutup celah-celah pintu, jendela dan dinding kamar anda sekelilingnya dengan glasswool, kemudian berharap tidak ada komplain lagi dari tetangga tadi dan ternyata suara anda masih bocor dan tidak ada perubahan sama sekali. Mengapa?

Karena glasswool/rockwool/busa telur adalah bahan penyerap suara, material ini bukan menjadi variable utama dalam peredaman suara (Sound insulation), memang benar material ini menyerap dan memantulkan bunyi, hanya saja pada jumlah yang kecil dan pada frekuensi tertentu (tinggi), massa jenis (density) glasswool/rockwool (80-100kg/m3) terlalu rendah untuk mencapai beban berat/m2 yang dibutuhkan untuk memblock bunyi. Pada proses peredaman suara ruang, material ini sebenarnya berfungsi untuk mengurangi resonansi bunyi yang terjadi pada ruang kosong diantara 2 dinding peredaman pada konstruksi MAM (mass air mass) yang dapat meningkatkan nilai redam secara keseluruhan. Pengaruhnya bisa besar tapi juga bisa kecil, tergantung lebar rongga dan variable dinding lainnya.

Jadi, bagaimana cara termudah menganalisa nilai redam sebuah dinding?
Identifikasi material pada dinding redam anda, kenali bahannya, setelah itu anda cukup googling mencari massa jenis bahan tersebut, kemudian kalikan dengan ketebalan (dalam satuan meter) dikali 1m panjang x 1m lebar, didapat berat material per meter persegi.
M=d.v
M=massa
d= density
v=volume
Sebagai contoh massa jenis bata merah indonesia (tebal 5cm) adalah 1600-1630kg/m3, memiliki berat sekitar 80kg/m2 dan memiliki nilai redam rata2 sekitar 49-50dB.(ingat, Rata-rata)

Massa adalah 1 dari 3 variable yang menentukan seberapa besar dan pada frekuensi berapa suatu material dapat meredam suara. Selain itu ada Frequency Coincidense region dan Frequency Resonant region.
Untuk menginsulasi kebocoran suara, bahan peredam suara dipasang di celah udara antara dua partisi. Sedangkan, untuk meredam pantulan suara, bahan peredam suara dipasangkan menghadap sumber suara. Artikel ini membahas perbandingan spesifikasi teknis tiga bahan peredam suara yang umum digunakan di pasaran seperti glasswool dan rockwool versus peredam suara dengan teknologi terkini, yaitu Acourete Mat Resin Noise Armour

Karakteristik Glasswool
Glasswool adalah bahan peredam suara yang berbahan dasar serat kaca. Ciri-ciri Glasswool seperti selimut tebal berwarna kuning. Glasswool dijual eceran dalam bentuk lembaran dan dalam kuantitas besar dalam bentuk roll. Glasswool memiliki ketebalan 25mm – 50mm dengan densitas permukaan mulai dari 25g/m2 sampai dengan 75g/m2.
Ada dua jenis glasswool yang dijual di Indonesia, yaitu glasswool tanpa brand dan glasswool branded. Di pasaran Indonesia, yang banyak di jual adalah glasswool tanpa brand yang tidak memiliki sertifikasi keamanan api maupun keamanan bagi lingkungan. Glasswool lokal biasanya dipakai di proyek dengan anggaran tidak terlalu tinggi karena harganya yang cukup ekonomis.

Pada saat pengaplikasiannya, glasswool sering kali rontok dan menempel di kulit sehingga menyebabkan kulit gatal atau perih seperti tertusuk jarum. Apabila serbuk kaca tersebut tersedot masuk ke paru-paru, akan melukai serabut paru-paru yang halus. Serabut tersebut tidak bisa dikeluarkan dengan cara apa pun juga.
Glasswool berfungsi meredam suara dan dapat menginsulasi panas. Glasswool juga bersifat menyerap uap air. Dalam keadaan lembab, kemampuan meredam suara glasswool menjadi berubah. Glasswool yang lembab akan berjamur dan beratnya menjadi 5 – 7x berat aslinya. Kelembaban glasswool juga berdampak pada umur yang mana glasswool akan mudah menjadi lapuk dan hancur seperti pasir.

Karakteristik Rockwool
Rockwool adalah bahan peredam suara yang terbuat dari bahan dasar bebatuan. Ciri-ciri rockwool seperti selimut tebal berwarna abu-abu atau kuning. Rockwool dijual eceran dalam bentuk lembaran dalam kuantitas besar dalam bentuk roll atau lembaran berkemasan plastik. Rockwool memiliki ketebalan mulai dari 25mm – 100mm dengan densitas permukaan mulai dari 40kg/m3 sampai dengan 128kg/m3.

Rockwool adalah produk serat mineral ringan yang dirancang untuk meredam suara dan isolasi terhadap panas. Terdapat dua jenis rockwool di pasaran Indonesia, yaitu rockwool tanpa brand dan rockwool impor branded. Perbedaan harga antara rockwool branded dan tidak branded cukup jauh. Rockwool tidak branded memiliki kualitas yang kurang baik untuk dipakai pada proyek yang mensyaratkan keamanan dan kesehatan. Bahan peredam suara ini biasanya dipakai di proyek dengan anggaran tidak terlalu tinggi karena harganya yang tidak terlalu mahal.
Karakteristik Acourete Mat Resin
Acourete Fiber adalah bahan peredam suara berbahan dasar resin. Ciri-ciri Acourete rein itu berwarna hitam dengan lebar 1 m dan tebal 2mm. Acourete Resin adalah bahan peredam suara dengan beragam densitas permukaan 2000kg/m2 jadi secara massa sangat berat dan sangat bagus untuk membuat ruang kedap suara studio musik. Dengan densitas permukaan yang mencapai 2000kg/m2, Acourete resin memiliki kekuatan serap suara yang kurang lebih sama dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 200mm.

Pada saat diaplikasikan, Acourete resin tidak rontok sehingga kebersihan ruangan dapat terjaga. Selain itu, karena bahan dasar Acourete resin adalah resin, maka bahan ini tidak menyimpan uap air. Karena tidak menyimpan uap air, Acourete resin tidak berjamur dan tidak berubah karakteristik penyerapan suara sehingga umurnya mampu bertahan jauh lebih panjang.

Acourete resin telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, tidak gatal, aman terhadap risiko kebakaran, dan tidak menyerap uap air, serta memiliki ketahanan selama bertahun-tahun. Bahan peredam suara ini biasanya dipakai di proyek yang mengutamakan kualitas dan kesehatan.

https://www.youtube.com/watch?v=yyUtayolnjo

Memilih Bahan Peredam Suara

Bahan peredam suara mana yang paling bagus? Memilih bahan peredam suara sebenarnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.
Bahan peredam suara glasswool dan rockwool yang tidak branded termasuk bahan peredam suara yang ekonomis dengan kekurangan tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan karena mudah rontok, membuat alergi, gatal, iritasi, gangguan pernapasan, dan lain-lain. Selain itu, performa peredaman suara tidak stabil karena terpengaruh dengan kandungan uap air dan umur relatif pendek. Terkadang tidak sampai dua tahun bahan tersebut rontok menjadi pasir.
Mat resin termasuk bahan peredam suara yang secara harga lebih mahal dibandingkan bahan peredam suara glasswool dan rockwool, tetapi memiliki kelebihan seperti aman bagi kesehatan, bebas gatal, bebas alergi, aman bagi kebakaran. Mampu menyerap suara lebih banyak, performa stabil lebih dari sepuluh tahun.
Peredam suara yang baik adalah peredam suara yang cocok dengan kebutuhan kita. Pilihlah bahan peredam suara yang sesuai dengan kebutuhan kita. Memenuhi kebutuhan spesifikasi teknis akustik yang disyaratkan, memenuhi faktor keamanan, kesehatan, kemudahan, kebersihan, dan berumur panjang. Lalu, yang terakhir adalah memenuhi batasan anggaran yang kita miliki.
5 Syarat Bahan Kedap Suara yang baik untuk dinding atau tembok Bahan Kedap Suara
Bahan kedap suara berfungsi untuk menginsulasi suara dalam sebuah ruangan atau bidang. Bahan kedap suara umumnya dipakai untuk meredam suara dari luar yang masuk kedalam ruangan dan suara dari dalam yang keluar ruangan. Untuk varian bahan kedap suara, banyak sekali produk pabrikan atau benda-benda olahan tangan yang dijadikan sebagai bahan kedap suara. Bukan soal harga atau bentuk yang menjadi prioritas syarat bahan kedap suara yang baik. Ada beberapa poin yang perlu kita lihat pada produk tersebut. Di bawah ini, akan dijabarkan apa saja syarat bahan kedap suara yang baik.

Lima Syarat Bahan Kedap Suara yang Baik

1. Tingkat Densitas (Massa Jenis) Permukaan
Bahan kedap suara yang memiliki densitas (massa jenis) permukaan yang lebih besar memiliki nilai kedap suara yang lebih besar pula. Densitas permukaan adalah berat bahan tipis yang mendekati nol dibagi dengan luas permukaan bahan tersebut. Satuan densitas permukaan adalah kilogram per meter persegi (kg/m2).
Contoh:
Densitas permukaan MDF 3mm adalah 1.93kg/m2 memiliki STC 9 dan densitas permukaan Triplek 3mm adalah 0.71kg/m2 memiliki STC 5. STC singkatan dari Sound Transmission Class dan menunjukan indeks pengurangan transmisi suara material tertentu. Semakin besar angka STC, maka material tersebut memiliki kemampuan kedap suara yang lebih besar pula. Dari contoh tersebut, terlihat bahwa semakin besar densitas permukaan sebuah material, maka semakin besar pula nilai STC-nya.
2. Tingkat Tahanan Udara (Flow Resistivity)
Material dengan tingkat tahanan udara yang tinggi memiliki nilai kedap suara yang lebih baik. Material dengan tingkat tahanan udara yang kecil umumnya memiliki pori rongga udara yang renggang. Sebagian besar orang menggunakan bahan berpori untuk membuat dinding kedap suara yang mana hasilnya sering kali mengecewakan. Material dengan pori rongga udara yang rapat menyulitkan gelombang suara untuk merambat melalui rongga udara antarserabut.
Contoh:
Kain dengan pori rongga udara yang renggang lebih transparan suara dibandingkan dengan kain dengan pori rongga udara yang rapat.
3. Tidak Turut Bergetar atau Dapat Meredam Getaran
Bahan kedap suara yang baik tidak mudah bergetar atau meneruskan getaran sehingga mampu meredam getaran.
Contoh:
Pemasangan panel partisi dengan konstruksi rangka besi hollow dan panel gipsum kerap kali menimbulkan bunyi rangka hollow yang saling beradu karena getaran suara. Bunyi baru ini sering disebut sebagai flanking noise. Gambar di bawah memberikan contoh panel soundproofing yang mampu meredam getaran.
4. Memantulkan Suara
Ciri lain bahan kedap suara yang baik adalah bahan tersebut memantulkan suara. Bahan yang memantulkan suara lebih besar cenderung memiliki nilai kedap suara yang lebih besar. Karena semakin besar energi suara yang dipantulkan, maka semakin sedikit energi suara yang diteruskan.
Contoh:
Ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari beton lebih banyak memantulkan suara dibandingkan dengan ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari kayu.
5. Aman Bagi Manusia dan Lingkungan
Syarat yang paling penting bagi bahan kedap suara adalah keamanan bagi manusia dan lingkungan. Keamanan dalam hal ini adalah aman buat kesehatan manusia, yaitu tidak beracun. Aman terhadap ancaman kebakaran karena tidak cepat merambatkan api. Selain itu, bahan kedap suara harus bisa berumur panjang karena masa pakai sebuah properti bisa sampai 20 tahun lebih.

Contoh:
Bahan yang sering digunakan sebagai kedap suara yang terbuat dari serat mineral bebatuan. Kita ambil contohnya rockwool. Serbuknya dapat mengganggu pernapasan. Sedangkan, Acourete Mat Resin 2A lebih efektif sebagai bahan kedap suara, terutama dari segi keamanan dan lingkungan bagi manusia.

Kelebihan Bahan Mat Resin Noise Armour Sebagai Bahan Kedap Suara Studio Musik

Acourete Mat Resin memilki nilai densitas permukaan yang sangat tinggi yaitu sebesar 2000kg/m3 atau setara dengan densitas tembok batu bata merah walaupun Acourete Mat Resin 2A jauh lebih tipis daripada batu bata merah. Lalu, Acourete Mat Resin 2A adalah material viskoelastis yang efektif meredam getaran. Jadi, suara yang dirambatkan pada permukaan partisi teredam dengan baik. Selain itu, Acourete Mat Resin 2A memiliki ketahanan udara yang tinggi sehingga gelombang suara lebih sulit untuk menembus permukaan. Juga, Acourete Mat Resin 2A sanggup memantukan suara dan memiliki nilai STC 29 atau setara dengan tembok batu bata dengan ketebalan 10cm. Terakhir dan sangat penting dari Acourete Mat Resin 2A adalah aman buat manusia dan lingkungan.

https://www.youtube.com/watch?v=NlO4dfU6WOE

Untuk pembuatan ruang kedap suara studio musik, akustik suara studio rekaman, kedap suara dan akustik suara studio musik rekaman dan latihan silahkan hubungi kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *