Membuat Studio Musik Latihan di Rumah

Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana membuat studio musik latihan di rumah dengan segala kekuarangan dan kelebihannya, dan bahan bahan peredam suara/kedap suara yang digunakan, untuk mencapai hasil maksimal agar suara tidak bocor dan bisa mendapatkan suara yang jernih dalam ruangan.

Umumnya untuk studio musik latihan di rumah tentu tidak masalah jika posisi rumah ada di tengah kebun yang luas namun akan jadi masalah jika posisi rumah ada didalam cluster perumahan yang tentu batas antara rumah satu dengan rumah lain hanya dibatasi oleh batas dinding 2 dinding atau bahkan hanya 1 dinding. Disini, sebagai ahli peredam suara, kami harus lakukan analisis lapangan, yaitu menguji nilai daya kedap suara dari tembok itu dengan prinsip nilai sound transmission clas/lost (STL). Dengan demikian kita tahu kekuatan kebisingan dari musik itu sendiri seberapa kuat dengan menguji dengan alat uji minimal pakai alat sound meter level.

Tahap pengujian atau analisis survey lokasi ini menjadi penting untuk menentukan sejauh mana bahan kedap suara digunakan dan berapa kekuatan daya kedapnya terhadap kekuatan kebisingan suara yang mucul, apakah dapat diblokir maksimal atau tidak. Tanpa survey dan analisis ini maka hasilnya tidak akan maksimal dan bisa mengecewakan.

Seperti pada pemasangan peredam suara/kedap suara ruangan musik lainnya, maka pemasangan kedap suara studio musik latihan di rumah ini, perlu mempertimbangkan bahan kedap suara yang mau dipasang, kekuatan kedap suara dari dinding, plafon dan lantai serta anggaran biayanya. Tentu prinsip ekonomi pasti berlaku. Untuk mendapatkan hasil maksimal dibutuhkan bahan material dengan spesifikasi tinggi dalam memblokir semua jenis frekuensi, sedangkan dengan anggaran rendah tentu tidak mungkin bisa membokir semua jenis frekuensi dengan kekuatan kebisingan diatas 80 decibel. Faham bukan?

Nah disini kami akan membahas sedikit mengenai aspek penting sebelum memutuskan memasang peredam suara studio musik latihan di rumah agar anda faham apa yang anda pikirkan dan biaya yang anda keluarkan bisa sejalan dengan hasilnya. Aspek apa saja yang mempengaruhi hal tersebut?

1. Rancangan Daya Kedap Suara. Daya kedap suara sangat berkaitan dengan tingkat kebisingan dari alat musik. Semakin lengkap alat musik dan jenis musiknya, maka tingkat kebisinganya akan semakin tinggi. Sebaliknya semakin sedikit alat musik, bisa jadi tingkat kebisingan juga tidak terlalu tinggi. Di sini, kita memilah apakah studio musik yang akan kita bangun itu memang full band, atau hanya satu atau dua alat saja untuk latihan? Karena hal ini berkaitan dengan rancangan kekedapan suara dan biayanya. Jika fungsi utama untuk membuat studio rekaman, maka otomatis kita harus menganalisis faktor faktor lingkungan eksternal yang bisa mengganggu proses rekaman suara dan juga alat musik yang bisa mengganggu lingkungan keluar. Maka tingkat kekedapan suara perlu dihitung secara cermat dan benar. Apakah kita membangun studio musik hanya untuk latihan atau sekaligus latihan dan rekaman di tempat yang sama? Kemudian jenis musik seperti apa yang kita mainkan? Bisa jadi jenis musik cadas akan menyumbang tingkat kebisingan suara yang tinggi sekitar 115 decibel. Jika kita hendak membuat ruangan studio rekaman (recording studio), maka tentu analisis kebisingan suara dari luar harus benar benar dipehitungkan dan struktur bangunan yang menunjang tersebut juga harus bisa dihitung nilai sound transmission lost (stl)nya. Jadi koq rumit ya? Iya memang untuk membuat studio music yang benar benar kita memang harus merencanakan sejak awal dan menganalisis banyak faktor agar bisa membangun secara benar. Maka nilai stl bahan material yang kita pasang pun harus kita hitung. Misalnya untuk membuat studio rekaman untuk pribadi di rumah, maka kita harus perhatikan dari bahan apakah dinding ruangan, plafon dan lantainya dibuat? ruangan studio musik bisa jadi dibuat dari bahan dinding bata merah, dinding partisi gypsum, dinding hebel dan bisa jadi plafon atapnya langsung genteng, atau di dak atau hanya gypsum saja. Maka kita bisa bayangkan kondisi tersebut dengan menilai bahan material ruangan dengan nilai stl tadi. Itu belum dipasang peredam suara. Tentu sehabis menghitung nilai stl kita patok misalnya tingkat kebisingan suara yang dihasilkan dalam ruangan sebesar 110 db, atau kekuatan kebisingan dari luar masuk ke dalam ruangan sebesar 110 db, maka kita patut memberikan hitungan tepat agar tingkat kebisingan 110 db itu bisa kita belokir secara maksimal pada semua jenis frekuensi yang ada.

2. Tata Akustik Suara. Tata akustik suara merupakan bagian penting selain daya kedap suara. Maka suara dalam ruangan musik perlu diatur sedemikian rupa sehingga nyaman di dengar tidak menyakitkan telinga dan mendapatkan suara asli yang masuk ke dalam telinga kita. Maka tata akustik suara kita berbicara bagaimaan mengatur formasi akustik ruangan dengan elemen penyerap, pemantul dan penyebar yang diatur agar mampu menghasilkan suara yang jernih dan nyaman ditelinga. Untuk membuat ruangan dengan tata akustik suara yang bagus tentu kita harus menghitung rancangan akustik suara ruangan dengan baik. Acuan yang biasa kita gunakan adalah formasi akustik menurut sabine atau dengan hitungan RT 60, yaitu hitungan untuk meredam gema ruangan sehingga mampu menciptakan tata akustik suara yang baik dan benar. Dalam rancangan studio musik yang benar maka kita bukan hanya menempatkan penyerap gema dengan bahan penyerap suara, namun juta memerlukan rancangan penyebar suara dan pemantulan suara yang benar. Dengan pengaturan yang baik dari ketiga elemen tersebut, maka ruangan akan dibenttuk menjadi ruangan dengan tata akustik suara yang baik.

3. Volume Ruangan dan Lokasi Ruangan. Salah satu faktor penting dalam membuat ruangan studio musik adalah faktor volume ruangan dan lokasi ruangan. Usahakan memiliki ruangan minimal 5×6 m untuk bisa bermain musik dengan leluasa dengan alat yang lengkap. Semakin luas semakin baik agar ada ruangan gerak didalamnya. Lokasi ruangan lebih baik ada di lantai 1 atau dibasement, karena semakin tinggi ruangan akan semakin keras suara tersebar. Jika posisi ruangan dibawah atau basement maka akan semakin mudah melakukan treatment kedap suara untuk mencegah kebocoran suara dalam ruangan.

4. Anggaran Biaya Pembuatan Studio Musik. Anggaran biaya sangat erat berkaitan dengan hasil akhir rancangan kedap suara maupun rancangan tata akustik suara, yaitu bagaimana suara dapat diblok dengan maksimal pada semua jenis frekuensi, maka kita menggunakan bahan material yang cocok dan sesuai agar hasil daya kedap bisa maksimal. Termasuk juga dalam pembuatan tata akustik suara ruangan. Disini kita berbicara kualitas bahan material yang digunakan serta hasilnya. Maka pembuatan ruangan kedap suara dan tata akustik suara ini akan memberikan rancangan anggaran biaya pembuatan studio musik yang besar. Resiko sepadan dengan hasil akhir yang diberikan. Untuk pembuatan studio musik yang sederhana dan simple, maka mau tidak mau bahan material yang digunakan dan rancangan pemasangannnya pun akan menyesuaikan dengan anggaran biaya yang ada.

Proses Pembuatan Studio Musik

Pembuatan studio musik memang tidak mudah dan tidak sulit. Kita hanya membutuhkan ruangan yang kedap suara dan dipasang akustik suara maka kita bisa bermain dengan baik. Namun pembuatan studio musik pada umumnya dikategorikan pada level daya kedapnya pada semua jenis frekuensi. Misalnya untuk level ruangan studio musik rekaman maka kita usahakan menggunakan daya kedap maksimal agar kebocoran suara tidak ada baik yang masuk ke dalam ruangan maupun yang keluar ruangan.
Untuk membuat ruangan studio musik ada yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal pada sisi kedap suara dan tata akustik suaranya. Hal hal penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
1. Posisi dan Dinding Ruangan Studio Musik, yaitu kamar studio musik terbaik dibuat dari bahan material bata merah diaci baik disisi dinding maupun plafon sehingga kita bisa mengisolasi ruangan musik dengan bahan dinding awal. Dinding ruangan ini memiliki nilai sound transmision lost yang cukup tinggi sehingga bisa memblokir suara dengan baik meski belum maksimal. Usahakan semua dinding terbuat dari bata merah diaci. Kekuatan kebisingan alat suara dapat diukur dengan alat ukur sound meter level, sehingga dinding yang dibuat semakin memiliki nilai stl semakin baik karena mengikuti tingginya kebisingan suara yang dihasilkan dari alat musik. Posisi ruangan terbaik adalah dibawah atau basement karena memudahkan suara diredam dibandingkan dilantai atas yang secara teori bisa menyebarkan suara lebih keras ke smua sisi.
2. Alat Musik dan Jenis Musik. Semakin lengkap alat musik maka tingkat kebisingan suara akan semakin tinggi. Artinya memerlukan peredam suara yang tinggi. Umumya jenis alat musik lengkap full band dan jenis musik rock bisa menghasilkan tingkat kebisingan sekitar 115 decibel sampai 120 decibel. Artinya tingkat kebisingan ini bisa terengar hingga 2 km lebih jika dibidang terbuka. Maka mengetahui jenis alat musik dan jenis musik yang dimainkan bisa mengetahui seberapa kedap dinding yang harus diredam dan seberapa tebal dinding yang harus dipasang. Disinilah kita bisa mengetahui bahwa memasang bahan peredam suara atau bahan kedap suara tidaklah mudah dan tidaklah murah, melainkan rumit dan juga mahal.

3. Fungsi Ruangan. Jika kita memiliki 1 alat band untuk anak maka treatment peredam suaranya juga akan beda dibandingkan dengan jika digunakan untuk ruangan studio musik rekaman yangmembutuhkan daya kedap dan konsentrasi tinggi. Fungsi ruangan untuk studio musik rental dengan fungsi ruangan untuk studio musik rekaman maka akan menghasilkan daya bising dan daya kedap suara yang berbeda. Mengetahui kebutuhan ruangan akana sangat membantu untuk mendapatkan informasi detail seputar peredam suara sehingga apa yang kita pasang memang sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai dengan anggaran belajanya.

Untuk membuat ruangan studio musik, tentu kita tidak mau membuat sembarangan, karena bisa jadi daya kedap yang kita inginkan tidak tercapai atau kita membuat ruangan kedap suara studio musik yang anggaran belajannya tidak terjangkau. Otomatis semua jadi sia sia, maka menghitung secara detail dengan segala resiko yang diambil akan sangat membantu terwujudnya studio musik baik rekaman atau latihan.

Rancangan Bahan Kedap Suara Studio Musik dan Tata Akustik Suara

Untuk membuat studio musik ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu kedap suara dan akustik ruangan. Rancangan kedap suara berkaitan erat dengan seberapa kedap bahan yang dipasang menghadapi tingkat kebisingan suara dalam ruangan. Sedangkan akustik ruangan berkaitan dengan seberapa nyaman suara di dengar alam ruangan. Kedua hal ini berbeda namun harus ada dalam membuat studio musik yang bagus. Apa itu rancangan kedap suara dan rancangan akustik ruangan? Mari kita bahas satu per satu.

Kedap suara berkaitan erat dengan kebocoran suara. Artinya ruangan studio musik harus kedap agar tidak ada kebocoran suara keluar atau kedalam yang bisa mengganggu orang lain atau mengganggu proses di dalam ruangan. Bahan kedap suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan. Bahan ini diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tidak boleh diganggu oleh bising dari luar ruangan (misalnya studio rekaman, studio TV, ruang konser, dsb) atau yang fungsinya menghasilkan suara dengan energi yang besar sehingga tidak diinginkan untuk mengganggu mereka yang berada di luar ruangan (ruang Home Theater, ruang Drum, dsb). Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Kinerja bahan kedap suara ini akan dipengaruhi oleh frekuensi suara yang memaparinya, dalam artian sebuah bahan dengan ketebalan tertentu akan menjadi bahan kedap suara yang baik di frekuensi tinggi tetapi buruk pada frekuensi rendah, atau sebaliknya. Kalau dibayangkan sebagai sebuah ember, bahan kedap suara adalah ibarat dinding ember yang tidak memiliki kebocoran (air tetap tinggal di dalam ember). Penggunaan bahan ini adalah untuk kebutuhan orang yang berada dalam ruangan sekaligus yang berada di luar ruangan. Besaran akustik yang mewakili kinerja bahan ini adalah Rugi-rugi Transmisi atau Transmission Loss (TL, fungsi frekuensi) dan terkadang diwakili oleh besaran angka tunggal Sound Transmission Classs (STC), atau besaran lain yang sejenis misalnya Rw. Semakin tinggi STC, pada umumnya semakin baik bahan tersebut bekerja menahan energi suara (dengan catatan, spektrum TL nya perlu diperhatikan, karena STC hanya dihitung berdasarkan frekuensi 125 – 4000 Hz, sehingga tidak menunjukkan kinerja di luar range frekuensi tersebut).

Akustik suara ruangan sangat berkaitan erat dengan kejernihan suara dalam ruangan. Sehingga bahan yang digunakan dalam proses ini umumnya berkarakter penyerap suara (sound absorbing).

Bahan penyerap suara atau Sound Absorbing Material berfungsi untuk mengambil energi suara yang berlebihan di dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb).

Ada berbagai tipe bahan ini, misalnya tipe bahan berpori (untuk suara dengan frekuensi menengah sampai tinggi), tipe panel (frekuensi menengah-rendah), tipe resonator (frekuensi rendah), tipe perforasi mikro (frekuensi tertentu). Penggunaan bahan ini semata untuk kebutuhan pengguna di dalam ruangan, agar mendapatkan medan suara sesuai dengan fungsi ruang (misalnya ruang bioskop harus memiliki permukaan penyerap yang dominan karena diharapkan pengguna mendengarkan suara langsung saja dari loudspeaker terpasang, sedangkan ruang konser simphony memerlukan bahan penyerap sesedikit mungkin karena diharapkan energi suara dari panggung bertahan selama mungkin tanpa mengurangi intelligibilitynya).

Besaran yang digunakan untuk menunjukkan kinerja bahan ini adalah koefisien absorbsi (alpha), yang memiliki nilai 0- 1, 0 menunjukkan tidak ada energi suara yang diambil oleh bahan, sedangkan 1 menunjukkan seluruh energi suara yang datang ke permukaan bahan akan diambil seluruhnya dan tidak dikembalikan ke ruangan. Bahan yang ada di pasaran memiliki alpha antara 0 dan 1 (fungsi frekuensi tentu saja). Bahan penyerap suara tidak mungkin berdiri sendiri sebagai bahan kedap suara, tetapi bisa dikombinasikan dengan bahan kedap suara untuk meningkatkan kinerja kedap suara, yaitu dalam sistem material multi lapisan (sandwich panel), misalnya double gypsum-double gypsum bisa ditingkatkan kinerja kedapnya dengan menyisipkan rockwool diantara kedua lapisan sehingga menjadi double gypsum-rockwool-rongga udara-double gypsum.

Jadi, kedua jenis bahan akustik tersebut dalam tataran praktisnya digunakan secara bersama-sama, sesuai dengan fungsinya masing-masing, untuk membentuk ruang akustik dengan berbagai fungsinya. contoh: Untuk ruang studio diperlukan sejumlah besar permukaan penyerap suara, sekaligus selubung kedap suara, ruang konser memerlukan sedikit bahan penyerap suara tetapi memerlukan selubung kedap suara yang sangat baik.

Nah, untuk membuat ruangan studio latihan musik di rumah tidak mudah bukan? semua ada kekuarangan dan kelebihannya, baik dari sisi anggaran, bahan material, maupun dari dinding, plafon dan rumah itu sendiri yang perlu di redam dengan maksimal.

Jika anda berada di Jakarta, Depok, Bogor Tangerang Bekasi Bandung silahkan hubungi tim kerja kami untuk jasa bikin peredam suara ruangan studio musik. Kami jamin tim kami adalah yang terbaik yang anda perlukan. Kami siap membantu anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *