Membuat Box Peredam Suara Studio Musik

Salah satu cara untuk bermain musik, karaoke atau studio syuting, studio youtube adalah dengan membuat box peredam suara, yaitu box yang dibuat kedap dengan ukuran tertentu yang bisa muat 2-3 orang untuk melakukan aktivitas syuting, video youtube,atau pembacaan naskah dan sebagainya.

Apa itu Box Peredam Suara

Berbicara mengenai peredam suara maka asumsi kita akan langsung kepada suara bising yang dapat diblok sehingga ruangan menjadi tenang dan tidak berisik. Memang asumsi tersebut tidak salah, karena peredam suara memang membuat ruangan menjadi kedap suara sehingga tidak ada kebocoran suara baik dari dalam ruangan maupun dari luar ruangan. Artinya tidak ada gangguan suara dari kebisingan luar ruangan menuju kedalam ruangan atau sebaliknya kebisingan suara di dalam ruangan ke luar. Prinsip peredam suara seperti ember yang tidak boleh bocor ketika membawa air, sehingga air tetap terjaga dan utuh. Itu prinsip mudah untuk memahami peredam suara.

Untuk membuat ruangan berperedam suara, box peredam suara maka diperlukan bahan material peredam suara yang dapat memblok suara tadi. Bahan material ini disusun menggunakan teknik insulasi suara yang baik dan benar sehingga suara tidak berpidah ke ruangan lain. Kita harus memahami sifat dari suara baik suara sebagai getaran maupun jenis frekuensinya. Maka untuk membuat ruangan berperedam suara diperlukan tahapan analisa sumber kebisingan suara, frekuensi dominan, nilai daya serap bahan material suara dan teknik pemasangan peredam suara yang baik dan benar.

Umumnya orang awam memahami peredam suara hanya sekedar menaruh material peredam suara ditembok atau plafon dan langsung suara akan diblok sendiri. Namun permasalahan suara tidak semudah itu, karena jika mudah maka semua orang dapat melakukanya bukan? Permasalahan suara bisa dilihat dari sumber kebisingan suara, frekuensi suara dominan yang ada sehingga pemasangan peredam suara bisa tepat dan benar. Kesalahan tahapan ini bisa berakibat fatal atau suara bocor kemana mana.

Misalnya meredam suara mesin pabrik dengan membuat ruangan karaoke akan berbeda tentunya. Dimana perbedaaanya? Dari sisi frekuensi kita bisa menembak mesin pabrik dan ruangan karaoke lebih banyak frekuensi dominan disalah satu jenis baik frekuensi rendah, sedang dan tinggi. Umumnya frekuensi rendah bisa menyebabkan getaran ke semua sisi bidang yang ada atau kita sebut struktur noise. sementara frekuensi sedang dan tinggi lebih mudah diatasi dengan bahan material peredam suara yang ada. Mengatasi suara mesin tentu kita harus ukur dulu dengan sound meter. Berapa decibel kebisingan suara mesin tersebut, kemudian kita targetkan berapa decibel suara yang harus dicapai penurunannya. Dengan demikian kita bisa menghitung daya serap suara dari masing masing bahan peredam tersebut. Ambil contoh misalnya, mesin dengan kebisingan 80 db mau diturunkan menjadi 55 db, maka kita harus hitung berapa nilai masing masing bahan peredam yang kita pasang tersebut sehingga bisa menjamin penurunan sampai 55 db?

Untuk pembuatan ruangan karaoke, studio musik, peredam studio rekaman, peredam ballroom aula, peredam suara gereja atau lainnya, prinsip yang kita gunakan tetap sama. Artinya ada aturan yang harus kita lalui untuk mendapatkan hasil akhir yang kita kehendaki. Misalnya membuat ruangan studio rekaman dengan target 25 decibel dalam ruangan, kita wajib mengukur dan analisa sumber kebisingan suara serta melakukan analisa terhadap material bahan peredam suara yang kita mau pasang. Dengan teknik pemasanga insulasi suara yang baik dan benar bisa didapatkan hasil 25 decibel dalam ruangan. Dengan begitu pemasangan atau konstruksi peredam suara tidak sembarangan pasang. Harus ada pengukuran dan analisa hasil.

Jika anda ingin membuat box peredam suara, peredam suara ruangan karaoke, peredam suara studio musik, peredam suara ballroom aula, peredam suara dinding plafon, peredam suara home theater, peredam suara mesin pabrik genset dan lainnya, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan presentasi, pengukuran dan analisa sehingga tim kami bisa bekerja maksimal sesuai kebutuhan anda. Terimakasih.

Umumnya sebelum kita memasang bahan peredam suara kita akan dihadapkan pada pertanyaan soal harga jasa peredam suara atau harga bahan peredam suara dan biaya pemasangan peredam suara. Berbicara mengenai harga, maka kita mau tidak mau berbicara mengenai bahan material dan jasa pasang serta komponen detail lainnya yang ada didalamnya seperti elektical dan interior ruangan.

Memasang bahan peredam suara ibarat kita membendung air agar tidak mengalir dan tidak bocor sehingga kita bisa memikirkan material apa yang bisa memblok energi suara dengan kekuatan yang besar sesuai fungsi ruangan tanpa bocor sama sekali. Atau bisa juga kita memberikan opsi dengan tingkat kebocoran tertentu atau daya kedap suara tertentu dalam hitungan decibel misalnya. Sehingga membuat peredam suara kita akan dihadapkan pada analisa terhadap kekuatan kebisingan energi suara dan jenis jenis frekuensi yang dominan didalamnya serta bahan material yang dapat digunakan untuk memblok energi suara berdasarkan tingkat kebocoran suara atau daya kedap suara yang kita kehendaki.

Maka ketika kita berbicara mengenai harga bahan peredam suara dan harga biaya jasa pasang peredam suara maka kita mau gak mau dihadapkan pada pilihan seberapa kedap suara yang kita kehendaki. Hal ini berkaitan dengan bahan material yang digunakan untuk memblok energi suara dan jenis frekuensi dominanya serta waktu yang diperlukan oleh jasa pasangnya dan segi elektikal dan interior ruangan atau akustik suara yang hendak kita pasang. Disini, umumnya konsumen tidak mengerti dan tidak faham. Untuk lebih jelasnya kita bisa memilih daya kedap suara itu berdasarkan tingkat daya kedap suara yang dapat diukur dengan alat sound meter. Misalnya dari pengukuran awal kekuatan kebisingan suara mencapai 85 decibel dengan fungsi ruangan sebagai ruangan studio musik latihan, maka kita mau menurunkan sampai ke 45 decibel dengan jenis frekuensi dominan pada frekusnei rendah, maka kita memiliki pekerjaan rumah untuk memblok suara hingga 45 db dan frekuensi rendah. Diperlukan analisa terhadap bahan material yang digunakan sehingga tingkat kebisingan suara bisa tercapai dan frekuensi rendah bisa diminimalisir secara maksimal.

Membuat Box Peredam Suara dengan Biaya Murah

Prinsip membuat box peredam suara sebetulnya tidak jauh berbeda dengan membuat ruangan kedap suara studio musik atau ruang rekaman. Banyak faktor yang diperhatikan sebelum membuatnya, Berikut adalah langkah langkah jasa pembuatan ruangan peredam suara agar efektif dan efisien:

1. Tentukan Fungsi Ruangan. Percaya atau tidak fungsi ruangan bisa membedakan penggunaan material peredam suara baik yang sifatnya daya kedap kecil hingga daya kedap maksimal. Misalnya untuk fungsi ruangan ruang meeting dengan sumber kebisingan suara percakapan, maka tidak perlu menggunakan bahan material atau daya kedap suara yang tinggi seperti ruangan karaoke atau studio musik rekaman. Dengan demikian penggunaan bahan material bisa lebih hemat dan tepat sasaran. Namun jika ruang meeting itu dekat dengan ruang produksi atau ruang mesin yang sumber kebisingannya bisa mencapai 100 decibel, maka tentu kita harus memperhatikan bahan yang digunakan agar kebisingan dari ruangan produksi atau mesin tidak masuk kedalam ruangan. Dalam proses ini diperlukan adanya survey dan analisa lapangan agar konsultan dan kontraktor peredam suara faham apa yang harus dilakukan dan direkomendaasikan ke klien. Pemasangan bahan peredam suara tanpa analisa dan survey yang benar hanya akan membuang biaya dan waktu anda.
2. Temukan Sumber Kebisingan Suara. Setelah fungsi ruangan ditemukan, langkah berikutnya adalah menemukan sumber kebisingan suara dan menganalisanya. Jika fungsi ruangan untuk aula ballroom, maka sumber kebisingan bisa jadi dari dalam ruangan itu sendiri yang bisa ada konser musik, perkawinan dan sebagainya. Dari situ kita bisa analisa tingkat kebisingan suara dan jenis frekuensi suara yang muncul. Maka dari sumber kebisingan yang ada kita bisa menemukan berapa tinggi sumber kebisingan itu dan jenis frekuensi apa yang ada dalamnya. Dengan demikian kita bisa menemukan 2 kesimpulan yang bisa mempertajam analisa kita terhadap penggunaan bahan peredam suara. Demikian pula kita bisa menganalisa sumber kebisingan dan tingkat kebisingan pada ruangan kamar tidur, ruangan karaoke, studio rekaman, ruangan meeting dan sebagainya.
3. Ukur Nilai STC (Sound Transmition Class) Bahan Material. Hasil survey dan analisa yang benar membawa kita pada langkah berikutnya yaitu menentukan bahan material kedap suara atau peredam suara yang akan digunakan. Nilai STC ini harus bisa memenuhi selera konsumen dan memberikan beberapa alternatif dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing masing. Dengan demikian calon konsumen akan tahu apa resiko yang diambil jika mengambil paket daya kedap suara yang daya kedapnya tidak maksimal atau hanya minimal. Nilai STC adalah patokan bagi kontraktor untuk bisa memasang bahan peredam suara dengan baik dan benar dan mengurangi resiko tidak tercapainya daya kedap suara yang dikehendaki. Jadi menentukan nilai STC material bahan peredam suara sangat penting dan harus dilakukan dengan benar sebelum melakukan pemasangan peredam suara ruangan.

Untuk membuat ruangan kedap suara umumnya kita menggunakan bahan material peredam suara dan kedap suara yang sesuai sehingga daya kedap suara yang hendak dicapai bisa maksimal. Bisa jadi kita bisa menambahka material seperti resin aau noise armour, fiber sheet, rockwool, glasswool, plywood, gypsum, karpet atau karet dan sebagainya. Tapi yang pasti pemasangan peredam suara memiliki daya kedap maksimal yaitu bahan yang kita pasang memiliki kemampuan daya kedap masing masing sehingga tidak bisa disamakan antara bahan peredam suara untuk studio musik dan peredam suara kamar tidur misalnya. Jadi pemasahaman tentang daya kedap suara ini perlu juga diketahui klien sehingga mereka tidak salah mengira dan tidak salah dalam melakukan estimasi.

Bahan material seperti karpet peredam suara merupakan salah satu material yang sering digunakan namun memiliki daya kedap suara tertentu dan bisa jadi akan tidak bisa memblok suara pada frekuensi tertentu. Demikian juga dengan bahan material seperti rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool memiliki nilai daya serap masing masing dan pada jenis frekuensi masing masing. Maka mengetahui hal ini sangat penting untuk memahaminya.

Bila anda ingin mengentahui informasi jasa peredam suara ruangan, bikin ruang kedap suara, jual bahan material peredam suara dan sebagainya silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih

Biaya Pembuatan Box Peredam Suara

Untuk memperjelas hal hal diatas mari kita bahas satu persatu agar kita semakin memahami dan bisa mengerti lebih dalam, termasuk soal perencaaan anggaran biaya yang sering kali kita masih ragu dan bimbang.
1. Volume Ruangan Box . Volume ruangan merupakan hal yang memang tiak terlalu penting, namun usahakan memiliki ruangan dengan volume minimal ukuran 2 m x 2 m x tinggi 2.5 m sehingga cukup nyaman untuk duduk, dan menata alat serta kursi. Jika terlalu sempit maka kenyamanan juga bisa berkurang. Jika ada luas yang lebih besar misalnya 3mx3 mx3 m maka akan semakin baik. Maka jika ukuran terlalu kecil, bisa jadi kenyamanan kita juga tidak memuaskan. Maka pilihkan kamar ruangan dengan minimal ukuran 2 m x 2 m x 2.5 m agar kenyamanan bisa tetap terjaga.
2. Desain Interior Ruangan . Umumnya semua box peredam suara memiliki tema dan warna interior. Bisa jadi kita menyukai tema dan warna natural, tema dan warna white, tema dan warna merah hitam, tema dan warna simple dan minimalis, tema dan warna ruangan karaoke mewah dan elegan. Untuk desain interior box peredam suara ini umumnya kita menggunakan banyak elemen pembentuknya mulai dari busa telur, karpet, busa piramid, hpl, dll dengan nuansa warna yang disesuaikan dengan tema dan keinginan klien. Untuk pembuatan desain interior ruangan karaoke, akan diberikan pada saat awal atau saat kontrak sudah disetujui sehingga akan ada pembuatan desain boks peredam suara  beserta tema dan warna yang mau dibuat.
3. Rencana anggaran Biaya Pembuatan Box Peredam Suara. Anggaran biaya sering kali adalah pokok masalah yang menentukan bagaimana box peredam suara itu terbentuk baik dari sisi desain maupun daya kedap suara. Maka mungkin perlu dikomunikasikan dulu sebelum eksekusi mengenai anggaran biaya tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik.

Konsultasikan ke kami sebagia konsultan peredam suara dan kontraktor peredam suara ruangan, sehingga kami dapat membantu anda mengenali sumber masalah, menyiasati anggaran biaya dan mengerjakan pekerjaan pemasangan peredam suara secara profesional. Terimakasih. Sukses untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *