Jasa Peredam Suara Studio Musik di Depok

Hi, jika anda berada di Depok dan sekitarnya mau membuat studio musik, bisa mampir ke tempat kami untuk bertanya tanya atau membeli bahan peredam suara bahkan bisa menggunakan jasa kami sebagai kontraktor peredam suara studio musik di Depok. Disini kami akan memaparkan apa saja yang harus disiapkan jika ingin membuat studio musik di Depok baik studio musik latihan atau rekaman.

Untuk membuat studio musik rekaman dan latihan di Depok yang baik tentu anda harus memperhatikan banyak hal diatas dan bukan sekedar memasang dan menempelkan peredam suara ruangan di dinding kamar anda. Jadi serahkan Pemasangan peredam suara kepada ahlinya yang tahu membuat peredam suara yang baik dan benar dannyaman dinikmati oleh banyak orang dan tidak merusak telinga kita.

Merancang Peredam Suara Studio Musik

Peredam suara adalah menyajikan suara asli yang tidak menimbulkan gema ataupun gaung sehingga kenyamanan menikmati suara dapat dinikmati dengan enak dan tidak menggangu kesehatan teliga meski dalam frekuensi tinggi sekalipun.

Peredam suara adalah suatu system yang dipergunakan dalam suatu tata ruang yang tidak hanya berfungsi untuk menahan suara ke luar ruangan (insulation) sehingga suara tidak bocor keluar, melainkan juga berfungsi untuk menambah kualitas (Accoustical) kenyamanan pendengaran terhadap gema, dengung, dan bising yang dihasilkan oleh suara di dalam ruangan.

Mengapa kita membutuhkan peredam suara? Di dalam dunia music kualitas suara adalah hal yang paling diutamakan, karena suara dengan music memiliki kaitan yang sangat erat. Namun di sisi lain music juga memiliki dampak yang bisa negative terhadap kesehatan, terutama bagi pendengaran kita. Karena itu untuk menghindari dampak negative tersebut, maka dibutuhkan “Peredam Suara” yang tidak hanya berfungsi untuk menahan suara ke luar ruangan (insulation) sehingga suara tidak bocor keluar, melainkan juga berfungsi untuk menambah kualitas (Acoustical) kenyamanan pendengaran terhadap gema, dengung, dan bising yang dihasilkan oleh music di dalam ruangan.

Peredam suara dapat menahan, memblok, dan menyerap gema dari suara yang dihasilkan oleh music, guna mencegah kebisingan suara yang berlebih. Sehingga kualitas kejelasan suara pada music dapat didengar dan dapat diserap dengan lebih baik oleh telinga. Hal yang terpenting dari pertanyaan di atas “Mengapa kita membutuhkan peredam suara?” Peredam suara dapat melindungi telinga dan kejelasan suara (kualitas) sejak dini yang dapat mengurangi resiko Tuli (Cacat pendengaran) dan kekeliruan mendengar yang akan berefek permanent hingga di hari tua!

Memasang bahan peredam suara ibarat kita membendung air agar tidak mengalir dan tidak bocor sehingga kita bisa memikirkan material apa yang bisa memblok energi suara dengan kekuatan yang besar sesuai fungsi ruangan tanpa bocor sama sekali. Atau bisa juga kita memberikan opsi dengan tingkat kebocoran tertentu atau daya kedap suara tertentu dalam hitungan decibel misalnya. Sehingga membuat peredam suara kita akan dihadapkan pada analisa terhadap kekuatan kebisingan energi suara dan jenis jenis frekuensi yang dominan didalamnya serta bahan material yang dapat digunakan untuk memblok energi suara berdasarkan tingkat kebocoran suara atau daya kedap suara yang kita kehendaki.

Maka ketika kita berbicara mengenai harga bahan peredam suara dan harga biaya jasa pasang peredam suara maka kita mau gak mau dihadapkan pada pilihan seberapa kedap suara yang kita kehendaki. Hal ini berkaitan dengan bahan material yang digunakan untuk memblok energi suara dan jenis frekuensi dominanya serta waktu yang diperlukan oleh jasa pasangnya dan segi elektikal dan interior ruangan atau akustik suara yang hendak kita pasang. Disini, umumnya konsumen tidak mengerti dan tidak faham. Untuk lebih jelasnya kita bisa memilih daya kedap suara itu berdasarkan tingkat daya kedap suara yang dapat diukur dengan alat sound meter. Misalnya dari pengukuran awal kekuatan kebisingan suara mencapai 85 decibel dengan fungsi ruangan sebagai ruangan studio musik latihan, maka kita mau menurunkan sampai ke 45 decibel dengan jenis frekuensi dominan pada frekusnei rendah, maka kita memiliki pekerjaan rumah untuk memblok suara hingga 45 db dan frekuensi rendah. Diperlukan analisa terhadap bahan material yang digunakan sehingga tingkat kebisingan suara bisa tercapai dan frekuensi rendah bisa diminimalisir secara maksimal.

Membuat Studio musik  di Depok merupakan ruangan entertainment yang wajib dihiasi dengan interior peredam suara dan akustik suara. Sebagai ruangan studio  musik maka selain fungsi ruangan yang utama, maka keindahan interior ruangan dan akustik suara juga sangat penting. Jika kita hendak membuat studio musik room, maka sebaiknya kita perhatikan beberapa hal penting sebelum terlanjut dibuat. Apakah hal hal penting dalam membuat rancangan studio musik?

1. Rancangan Daya Kedap Suara. Daya kedap suara sangat berkaitan dengan tingkat kebisingan dari alat musik. Semakin lengkap alat musik dan jenis musiknya, maka tingkat kebisinganya akan semakin tinggi. Sebaliknya semakin sedikit alat musik, bisa jadi tingkat kebisingan juga tidak terlalu tinggi. Di sini, kita memilah apakah studio musik yang akan kita bangun itu memang full band, atau hanya satu atau dua alat saja untuk latihan? Karena hal ini berkaitan dengan rancangan kekedapan suara dan biayanya. Jika fungsi utama untuk membuat studio rekaman, maka otomatis kita harus menganalisis faktor faktor lingkungan eksternal yang bisa mengganggu proses rekaman suara dan juga alat musik yang bisa mengganggu lingkungan keluar. Maka tingkat kekedapan suara perlu dihitung secara cermat dan benar. Apakah kita membangun studio musik hanya untuk latihan atau sekaligus latihan dan rekaman di tempat yang sama? Kemudian jenis musik seperti apa yang kita mainkan? Bisa jadi jenis musik cadas akan menyumbang tingkat kebisingan suara yang tinggi sekitar 115 decibel. Jika kita hendak membuat ruangan studio rekaman (recording studio), maka tentu analisis kebisingan suara dari luar harus benar benar dipehitungkan dan struktur bangunan yang menunjang tersebut juga harus bisa dihitung nilai sound transmission lost (stl)nya. Jadi koq rumit ya? Iya memang untuk membuat studio music yang benar benar kita memang harus merencanakan sejak awal dan menganalisis banyak faktor agar bisa membangun secara benar. Maka nilai stl bahan material yang kita pasang pun harus kita hitung. Misalnya untuk membuat studio rekaman untuk pribadi di rumah, maka kita harus perhatikan dari bahan apakah dinding ruangan, plafon dan lantainya dibuat? ruangan studio musik bisa jadi dibuat dari bahan dinding bata merah, dinding partisi gypsum, dinding hebel dan bisa jadi plafon atapnya langsung genteng, atau di dak atau hanya gypsum saja. Maka kita bisa bayangkan kondisi tersebut dengan menilai bahan material ruangan dengan nilai stl tadi. Itu belum dipasang peredam suara. Tentu sehabis menghitung nilai stl kita patok misalnya tingkat kebisingan suara yang dihasilkan dalam ruangan sebesar 110 db, atau kekuatan kebisingan dari luar masuk ke dalam ruangan sebesar 110 db, maka kita patut memberikan hitungan tepat agar tingkat kebisingan 110 db itu bisa kita belokir secara maksimal pada semua jenis frekuensi yang ada.
2. Tata Akustik Suara. Tata akustik suara merupakan bagian penting selain daya kedap suara. Maka suara dalam ruangan musik perlu diatur sedemikian rupa sehingga nyaman di dengar tidak menyakitkan telinga dan mendapatkan suara asli yang masuk ke dalam telinga kita. Maka tata akustik suara kita berbicara bagaimaan mengatur formasi akustik ruangan dengan elemen penyerap, pemantul dan penyebar yang diatur agar mampu menghasilkan suara yang jernih dan nyaman ditelinga. Untuk membuat ruangan dengan tata akustik suara yang bagus tentu kita harus menghitung rancangan akustik suara ruangan dengan baik. Acuan yang biasa kita gunakan adalah formasi akustik menurut sabine atau dengan hitungan RT 60, yaitu hitungan untuk meredam gema ruangan sehingga mampu menciptakan tata akustik suara yang baik dan benar. Dalam rancangan studio musik yang benar maka kita bukan hanya menempatkan penyerap gema dengan bahan penyerap suara, namun juta memerlukan rancangan penyebar suara dan pemantulan suara yang benar. Dengan pengaturan yang baik dari ketiga elemen tersebut, maka ruangan akan dibenttuk menjadi ruangan dengan tata akustik suara yang baik.
3. Volume Ruangan dan Lokasi Ruangan. Salah satu faktor penting dalam membuat ruangan studio musik adalah faktor volume ruangan dan lokasi ruangan. Usahakan memiliki ruangan minimal 5×6 m untuk bisa bermain musik dengan leluasa dengan alat yang lengkap. Semakin luas semakin baik agar ada ruangan gerak didalamnya. Lokasi ruangan lebih baik ada di lantai 1 atau dibasement, karena semakin tinggi ruangan akan semakin keras suara tersebar. Jika posisi ruangan dibawah atau basement maka akan semakin mudah melakukan treatment kedap suara untuk mencegah kebocoran suara dalam ruangan.
4. Anggaran Biaya Pembuatan Studio Musik di Depok. Anggaran biaya sangat erat berkaitan dengan hasil akhir rancangan kedap suara maupun rancangan tata akustik suara, yaitu bagaimana suara dapat diblok dengan maksimal pada semua jenis frekuensi, maka kita menggunakan bahan material yang cocok dan sesuai agar hasil daya kedap bisa maksimal. Termasuk juga dalam pembuatan tata akustik suara ruangan. Disini kita berbicara kualitas bahan material yang digunakan serta hasilnya. Maka pembuatan ruangan kedap suara dan tata akustik suara ini akan memberikan rancangan anggaran biaya pembuatan studio musik yang besar. Resiko sepadan dengan hasil akhir yang diberikan. Untuk pembuatan studio musik yang sederhana dan simple, maka mau tidak mau bahan material yang digunakan dan rancangan pemasangannnya pun akan menyesuaikan dengan anggaran biaya yang ada.

Dengan memperhatikan minimal 3 hal diatas, kita bisa mengetahui bahwa membuat ruangan peredam suara bukan perkara mudah dan tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Ingat, bahan material harus dihitung nilai stc nya dan teknik pemasangan juga harus benar sehingga suara yang memiliki 3 jenis frekuensi bisa terblokir secara maksimal.

Kedap suara berkaitan erat dengan kebocoran suara. Artinya ruangan studio musik harus kedap agar tidak ada kebocoran suara keluar atau kedalam yang bisa mengganggu orang lain atau mengganggu proses di dalam ruangan. Bahan kedap suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan. Bahan ini diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tidak boleh diganggu oleh bising dari luar ruangan (misalnya studio rekaman, studio TV, ruang konser, dsb) atau yang fungsinya menghasilkan suara dengan energi yang besar sehingga tidak diinginkan untuk mengganggu mereka yang berada di luar ruangan (ruang Home Theater, ruang Drum, dsb). Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Kinerja bahan kedap suara ini akan dipengaruhi oleh frekuensi suara yang memaparinya, dalam artian sebuah bahan dengan ketebalan tertentu akan menjadi bahan kedap suara yang baik di frekuensi tinggi tetapi buruk pada frekuensi rendah, atau sebaliknya. Kalau dibayangkan sebagai sebuah ember, bahan kedap suara adalah ibarat dinding ember yang tidak memiliki kebocoran (air tetap tinggal di dalam ember). Penggunaan bahan ini adalah untuk kebutuhan orang yang berada dalam ruangan sekaligus yang berada di luar ruangan. Besaran akustik yang mewakili kinerja bahan ini adalah Rugi-rugi Transmisi atau Transmission Loss (TL, fungsi frekuensi) dan terkadang diwakili oleh besaran angka tunggal Sound Transmission Classs (STC), atau besaran lain yang sejenis misalnya Rw. Semakin tinggi STC, pada umumnya semakin baik bahan tersebut bekerja menahan energi suara (dengan catatan, spektrum TL nya perlu diperhatikan, karena STC hanya dihitung berdasarkan frekuensi 125 – 4000 Hz, sehingga tidak menunjukkan kinerja di luar range frekuensi tersebut).

Akustik suara ruangan sangat berkaitan erat dengan kejernihan suara dalam ruangan. Sehingga bahan yang digunakan dalam proses ini umumnya berkarakter penyerap suara (sound absorbing).
Bahan penyerap suara atau Sound Absorbing Material berfungsi untuk mengambil energi suara yang berlebihan di dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb).

Ada berbagai tipe bahan ini, misalnya tipe bahan berpori (untuk suara dengan frekuensi menengah sampai tinggi), tipe panel (frekuensi menengah-rendah), tipe resonator (frekuensi rendah), tipe perforasi mikro (frekuensi tertentu). Penggunaan bahan ini semata untuk kebutuhan pengguna di dalam ruangan, agar mendapatkan medan suara sesuai dengan fungsi ruang (misalnya ruang bioskop harus memiliki permukaan penyerap yang dominan karena diharapkan pengguna mendengarkan suara langsung saja dari loudspeaker terpasang, sedangkan ruang konser simphony memerlukan bahan penyerap sesedikit mungkin karena diharapkan energi suara dari panggung bertahan selama mungkin tanpa mengurangi intelligibilitynya).

Biaya Membuat Studio Musik di Depok

Bagaimana soal biaya? Kembali pada prinsip ekonomi, maka selalu anda tidak akan bisa membeli kualitas dengan harga murah. Kualitas rendah artinya biaya produksi rendah. Biaya produksi rendah artinya tidak ada kontrol, bahan berdaya kedap suara rendah, maka bisa murah. Hasilnya juga pasti tidak akan menyengkan. Bayangkan anda membeli mobil ferari dengan harga 200 juta, mungkin anda hanya bisa mendapatkan bannya saja bukan mobilnya, Namun anda bisa membeli mobil lain dengan harga 200 juta meski kualitasnya tidak sebagus ferari. Mengerti maksud saya?

Jika membuat studio musik adalah investasi maka anda harus bisa memastikan investasi anda kembali dengan hasil maksimal. Jika studio musik bagi anda dalah cost maka bisa jadi anda kurang memperhatikan kualitasnya. Namun apapun prinsip anda, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi seputar jasa pembuatan peredam suara studio musik. Terimakasih.

Untuk menghitung rencana anggaran biaya pembuatan studio musik maka banyak faktor yang mempengaruhi biaya tersebut. Sebelum membahasnya maka berikut faktor faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan peredam suara studio musik:

1. Volume Ruangan. Semakin besar area bidang yang ditreatment maka membutuhkan banyak sumber daya yang juga banyak.
2. Tingkat daya kedap suara. Daya kedap suara berkaitan dengan bahan material yang dipasang dengan menghitung nilai stc diatas. Semakin kedap suara ruangan maka semakin tinggi biayanya.
3. Tata akustik suara. akustik suara berkaitan erat dengan kejernihan suara dalam ruangan, memasang tata akustik suara dalam ruangan membutuhkan pengukuran dan bahan material penyusunnya.

Ketiga faktor tersebut membentuk rancangan anggaran biaya pembuatan ruangan studio musik baik untuk studio musik rekaman, studio musik latihan atau sejenisnya. Maka mengetahui ketiga hal diatas akan memudahkan untuk menghitunganya dengan tepat.

Apakah ada bahan material murah untuk membuat peredam suara studio musik? Jawabanya Ada. Kembali kepada perhitungan nilai daya kedap suara, maka memblok suara secara maksimal membutuhkan lebih dari 1 material susunan yang dipasang sedemikian rupa sehingga tingkat kebisingan suara yang dihasilkan bisa diblokir maksimal. Penggunaan bahan material peredam suara murah sebagai bahan kedap suara umunya tidak bisa dipastikan nilai stc nya sehingga berapa nilai stc yang dihasilkan dari bahan material yang dipasang akan sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *