Cara Mengatasi Getaran Suara dari Studio Musik

Menurut wikipedia, dalam fisika, bunyi atau suara adalah adalah getaran yang merambat sebagai gelombang akustik, melalui media transmisi seperti gas, cairan atau padat.

Dalam fisiologi dan psikologi manusia, suara adalah penerimaan gelombang dan persepsi mereka oleh otak. Hanya gelombang akustik yang memiliki frekuensi antara 20 Hz dan 20 kHz, rentang frekuensi audio, yang menimbulkan persepsi pendengaran pada manusia. Di udara pada tekanan atmosfer, ini mewakili gelombang suara dengan panjang gelombang 17 meter (56 kaki) hingga 1,7 sentimeter (0,67 in). Gelombang suara di atas 20 kHz dikenal sebagai USG dan tidak terdengar oleh manusia. Gelombang suara di bawah 20 Hz dikenal sebagai infrasonik. Spesies hewan yang berbeda memiliki rentang pendengaran yang bervariasi.

Suara didefinisikan sebagai “(a) Osilasi dalam tekanan, tegangan, perpindahan partikel, kecepatan partikel, dll., Disebarkan dalam medium dengan kekuatan internal (misalnya, elastis atau kental), atau superposisi dari osilasi yang diperbanyak. (B) Perabaan pendengaran yang ditimbulkan oleh osilasi yang dijelaskan dalam (a).”[3] Suara dapat dilihat sebagai gerakan gelombang di udara atau media elastis lainnya. Dalam hal ini, suara adalah stimulus. Suara juga dapat dilihat sebagai eksitasi dari mekanisme pendengaran yang menghasilkan persepsi suara. Dalam hal ini, suara adalah perabaan.

Suara dapat merambat melalui media seperti udara, air dan padatan sebagai gelombang longitudinal dan juga sebagai gelombang transversal dalam padatan (lihat Gelombang longitudinal dan transversal, dibawah). Gelombang suara dihasilkan oleh sumber suara, seperti diafragma bergetar dari speaker stereo. Sumber suara menciptakan getaran di media sekitarnya. Ketika sumber terus bergetar media, getaran merambat menjauh dari sumber dengan kecepatan suara, sehingga membentuk gelombang suara. Pada jarak tetap dari sumber, tekanan, kecepatan, dan perpindahan media bervariasi dalam waktu. Pada saat instan, tekanan, kecepatan, dan perpindahan bervariasi dalam ruang. Perhatikan bahwa partikel media tidak bepergian dengan gelombang suara. Ini secara intuitif jelas untuk zat padat, dan hal yang sama berlaku untuk cairan dan gas (yaitu, getaran partikel dalam gas atau cairan mengangkut getaran, sementara posisi rata-rata partikel dari waktu ke waktu tidak berubah). Selama propagasi, gelombang dapat dipantulkan, dibiaskan, atau dilemahkan oleh medium.

Gelombang longitudinal dan transversal

Suara ditransmisikan melalui gas, plasma, dan cairan sebagai gelombang longitudinal, juga disebut gelombang kompresi. Dibutuhkan media untuk disebarkan. Namun, melalui padatan, ia dapat ditransmisikan sebagai gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Gelombang suara longitudinal adalah gelombang deviasi tekanan bolak-balik dari tekanan kesetimbangan, yang menyebabkan daerah kompresi dan penghalusan lokal, sedangkan gelombang transversal (dalam padatan) adalah gelombang tegangan geser bolak-balik pada sudut kanan ke arah propagasi.

Gelombang suara dapat “dilihat” menggunakan cermin parabola dan objek yang menghasilkan suara.

Energi yang dibawa oleh gelombang suara berosilasi mengubah bolak-balik antara energi potensial dari kompresi tambahan (dalam kasus gelombang longitudinal) atau regangan perpindahan lateral (dalam kasus gelombang transversal) dari materi, dan energi kinetik dari kecepatan perpindahan. partikel medium.

Sumber Getaran pada Sejumlah Alat Musik

Umumnya suara bisa menimbulkan getaran pada area sekilingnya baik pada dinding, lantai atau plafon. Alat musik juga bisa menibulkan getaran seperti drum, gamelan, amplipier, subwofer, gitar dan bass listrik dll. sementara getaran pada dinding bisa disebabkan speaker dan alat pengeras suara lainya. Jika pada rumah getaran bisanya ditemukan pada mesin pompa, mesin cuci pakaian, dan mesin lainnya.

Untuk mengatasi getaran maka kami menyediakan bahan untuk mengurangi dan menghilangkan getaran pada semua jenis alat musik atau sumber bising dan getar lainnya.

Acourete Regupol Vibration 300 :

Material Peredam Getaran untuk Mengatasi Gangguan Suara Akibat Getaran pada Pabrik, Gedung, dan Transportasi

Gangguan suara yang terjadi akibat getaran dapat menurunkan kualitas hidup. Contohnya getaran mesin di sebuah pabrik mengakibatkan gangguan suara di ruang meeting. Atau, getaran mesin chiller, genset atau AHU di sebuah bangunan hotel atau apartemen mengganggu kenyamanan penghuni. Selain itu getaran akibat alat transportasi umum seperti monorel, subway, truk trailer dapat terdengar ke lingkungan perumahan atau gedung.

Peredam Getaran

Solusi untuk mengatasi masalah gangguan suara tersebut di atas adalah dengan memasang Vibration Damping Material pada landasan mesin, pondasi gedung, landasan rel kereta api, dan sebagainya. Acourete Regupol Vibration 300 adalah Vibration Damping Material yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Acourete Regupol Vibration 300 berbahan dasar karet campuran mampu meredam energi getaran sampai dengan 99%. Dengan teknologi anti deformasi dan anti jamur, Acourete Regupol Vibration 300 mampu bekerja efektif lebih dari 20 tahun.

Fitur Acourete Regupol Vibration 300 (Material Peredam Getaran):

1. Efektif untuk memutus kontak mekanik (decoupling) yang terjadi akibat kontak fisik antara sumber getaran dengan struktur bangunan sampai dengan 40dB atau 99%.

acourete-avipad-vibration-isolation

2. Frekuensi kritis material yang rendah mencapai 11Hz. Acourete Regupol Vibration 300 memiliki karakteristik frekuensi kritis sampai dengan 11Hz sehingga efektif meredam getaran dengan frekuensi di atas 18Hz.

acourete-avipad-natural-freq

3. Umur bahan Acourete Regupol Vibration 300 yang panjang,tahan hingga lebih dari 100.000 jam

4. Fire Safety, temperatur resistance -20C to +80CFire Behaviour B2 (DIN4102)

Spesifikasi Acourete Regupol Vibration 300 :

Dimensions 10,000 x 1,250 x 17 mm
Temperature resistance of -20°C to +80°C
Maximum traffic load up to 5,000 kg/m²
Fire class B 2/class E
Elongation at break 60%
Compression set 4.1%
Loss factor 0.18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *