Biaya Membuat Studio Musik di Bekasi

Anda mau membuat studio musik rumahan atau studio musik di rumah, ruko, kios, studio musik untuk usaha bisnis dan lainnya di daerah Bekasi, Kranggan, Jatiasih, Jatiwarna, Bekasi Barat, bekasi Timur, Bekasi kota dan lainnya? Hubungi kami sebagai jasa pembuatan studio musik baik pembuatan peredam suara, akustiknya dan lainnya hingga anda tinggal memakai studio yang anda inginkan. Kami juga mendesain studio musik sesuai dengan keingian anda. Bahkan kami bisa mendesain studio musik sesuai dengan anggaran biaya yang anda miliki sehingga tidak ada alasan untuk tidak memiliki studio dengan peredam suara dan akustik yang memadai.

Untuk lebih detailnya kami akan membahas mengenai peredam suara studio musik di Bekasi ini secara lebih detail dengan memberikan informasi seputar peredam suara, jenis jenis bahan peredam suara, jenis jenis frekuensi suara yang ada pada sekitar kita termasuk musik, bahkan anggaran biaya membuat studio musik itu sendiri akan kita detailkan agar lebih faham dan mudah dimengerti.

PEREDAM SUARA UNTUK STUDIO MUSIK

Pengadaan peredam suara untuk sebuah studio musik merupakan keharusan karena studio musik adalah sumber kebisingan suara yang kadang mengganggu tetangga kanan kiri depan belakang anda. Nah disini fungsi peredam suara untuk memblok suara agar tidak bocor keluar apalagi mengganggu, tentu disini kita perlukan bahan bahan peredam suara, teknik pemasangan yang benar dan pengetahuan akan jenis suara dan tingkat kebisingan dalam decibel meter yang bisa kita gunakan untuk membuat peredam suara studio musik agar berhasil dan tidak mengganggu tetangga anda.

Bahan peredam suara adalah bahan yang dapat mengurangi kebocoran suara di sebuah ruangan. Bahan peredam suara tersebut dapat juga mengurangi pantulan suara di dalam ruangan.Insulasi peredam suara berfungsi untuk meredamkan dan menyerap intensitas dari suara, bunyi, dan sejenisnya. Peredam suara sering dipakai oleh industri, rumahan dan perkantoran , untuk rumah, genset, kamar anak, kamar mandi,ruangan karaoke,ruang studio,ruang rapat, ruang penyiaran ,ruang cafe studio musik,untuk tempat ibadah,untuk apartmen,pabrik,ruang broadcast,ruangan outdor, untuk aula,sekolah,studio musik,home teather,untuk meredam suara dari luar.

Bahan kedap suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan. Bahan ini diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tidak boleh diganggu oleh bising dari luar ruangan (misalnya studio rekaman, studio TV, ruang konser, dsb) atau yang fungsinya menghasilkan suara dengan energi yang besar sehingga tidak diinginkan untuk mengganggu mereka yang berada di luar ruangan (ruang Home Theater, ruang Drum, dsb). Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Kinerja bahan kedap suara ini akan dipengaruhi oleh frekuensi suara yang memaparinya, dalam artian sebuah bahan dengan ketebalan tertentu akan menjadi bahan kedap suara yang baik di frekuensi tinggi tetapi buruk pada frekuensi rendah, atau sebaliknya. Kalau dibayangkan sebagai sebuah ember, bahan kedap suara adalah ibarat dinding ember yang tidak memiliki kebocoran (air tetap tinggal di dalam ember). Penggunaan bahan ini adalah untuk kebutuhan orang yang berada dalam ruangan sekaligus yang berada di luar ruangan. Besaran akustik yang mewakili kinerja bahan ini adalah Rugi-rugi Transmisi atau Transmission Loss (TL, fungsi frekuensi) dan terkadang diwakili oleh besaran angka tunggal Sound Transmission Classs (STC), atau besaran lain yang sejenis misalnya Rw. Semakin tinggi STC, pada umumnya semakin baik bahan tersebut bekerja menahan energi suara (dengan catatan, spektrum TL nya perlu diperhatikan, karena STC hanya dihitung berdasarkan frekuensi 125 – 4000 Hz, sehingga tidak menunjukkan kinerja di luar range frekuensi tersebut).

5 PRINSIP DASAR INSULASI SUARA

Ada lima prinsip yang harus diperhatikan. agar suara system tata suara kita (yang terkadang dibeli dengan dana yang tidak sedikit) dapat dibunyikan sesuai dengan keinginan kita tanpa harus mendapatkan response (dari tetangga ataupun keluarga kita sendi-ri) “ berisik, tolong kecilkan donk” atau bahkan dilempari batu…:)..

Lima prinsip dasar itu adalah :
1. Massa
2.Dekopling Mekanik atau isolasi mekanik
3.Absorpsi atau penyerapan suara
4.Resonansi
5.Konduksi

Prinsip 1: Massa
Prinsip massa ini berkaitan dengan perilaku suara sebagai gelombang. Apabila gelombang suara menumbuk suatu permukaan, maka dia akan menggetarkan permukaan ini. Semakin ringan permukaan, tentu saja semakin mudah digetarkan oleh gelombang suara dan sebaliknya, seperti halnya kalo anda mendorong troley kosong akan lebih ringan dibandingkan mendorong troley yang terisi penuh dengan batu bata. Tentu saja untuk membuat perubahan besar pada kinerja insulasi, perlu perubahan massa yang besar pula. Secara teoritis, dengan menggandakan massa dinding kita (tanpa rongga udara), akan meningkatkan kinerja insulasi sebesar 6 dB. Misalnya anda punya dinding drywall gypsum dengan single stud, maka setiap penambahan layer gypsum akan memberikan tambahan insulasi 4-5 dB.

Prinsip 2: Dekopling Mekanik
Prinsip dekopling ini adalah prinsip yang paling umum dikenal dalam konsep insulasi. Sound clips, resilient channel, staggered stud,dan double stud adalah beberap contoh aplikasinya. Pada prinsipnya dekopling mekanik dilakukan untuk menghalangi suara merambat dalam dinding,atau menghalangi getaran merambat dari permukaan dinding ke permukaan yang lain. Energi suara/getaran akan “hilang” oleh material lain atau udara yang ada diantara 2 permukaan. Yang seringkali dilupakan, dekopling mekanik ini merupakan fungsi dari frekuensi suara,karena pada saat kita membuat dekopling, kita menciptakan system resonansi., sehingga system dinding hanya akan bekerja jauh diatas frekuensi resonansi itu. Insulasi akan buruk kinerjanya pada frekuensi dibawah ½ oktaf frekuensi r esonansi. Jika anda bisa mengendalikan resonansi ini dengan benar, maka insulasi frekuensi rendah (yang merupakan problem utama dalam proses insulasi) akan dapat dicapai dengan baik.

Prinsip 3: Absorpsi atau penyerapan energi suara
Penggunaan bahan penyerap suara dengan cara disisipkan dalam system dinding insulasi akan meningkatkan kinerja insulasi, karena energy suara yang merambat melewati bahan penyerap akan diubah menjadi energi panas (utk menggetarkan partikel udara yang terperangkap dalam pori2 bahan penyerap. Bahan penyerap ini juga akan menurunkan frekuensi resonansi system partisi/dinding yang di dekopling. (Pernahkah anda mencoba meletakkan mineral wool/glasswool didepan center loudspeaker system Home Theater anda? Coba bandingkan bila anda letak- kan di depan subwoofer anda?)
Setelah anda mencoba, maka anda akan memahami, bahwa insulasi atau soundproofing tidak ditentukan semata oleh bahan penyerap apa yang diisikan dalam dinding anda. Jika anda menggunakan dinding sandwich konvensional (kedua permukaan dihubungkan oleh stud )dan anda isi celah diantaranya dengan bahan penyerap suara, suara akan tetap dapat lewat melalui stud tanpa harus melalui bahan penyerap suara. Jadi bahan penyerap hanya akan efektif bila ada dekopling.

Prinsip 4: Resonansi
Prinsip ini bekerja bertentangan dengan prinsip 1, 2, dan 3, karena resonansi bersifat memudahkan terjadinya getaran. Bila getaran terjadi pada frekuensi yang sama dengan frekuensi resonansi system dinding anda, maka energi suara akan dengan mudah menembus dinding anda (seberapa tebal dan beratpun dinding anda). Ada 2 cara untuk mengendalikan resonansi ini:
Redam resonansinya, sehingga amplituda energi yang sampai sisi lain dinding akan sangat berkurang. Anda dapat menggunakan visco-elastic damping compund, tapi jangan gunakan Mass Loaded Vinyl.
Tekan frekuensi resonansi serendah mungkin dengan prinsip 1, 2 dan 3. distributor peredam suara ruangan

Prinsip 5: Konduksi
Ingat bahwa suara adalah gelombang mekanik, sehingga apabila dinding anda terhubung secara mekanik kedua sisinya, maka suara akan dengan mudah merambat dari satu sisi ke sisi lainnya. Untuk mengendalikannya tentu saja ada harus memotong hubungan mekanis antara sisi satu dengan sisi yang lain, misalnya dengan dilatasi antar sisi, menyisipkan bahan lain yang memiliki karakter isolasi lebih tinggi (beda Impedansi Akustik atau tahanan akustik), menggunakan studs dengan cara zigzag, dsb. Konduksi ini juga yang seringkali menyumbangkan problem flangking suara antar ruang. (Itu sebabnya pemberian dekopling/dilatasi pada lantai dan langit-langit juga penting. Sudahkan ruangan theater atau studio anda mempertimbangkan hal diatas?
bagi anda yang mau membeli peredam suara, kami jual material peredam suara pada partisi dinding dengan kualitas terbaik dan harga yang murah. Semoga Bermanfaat.

5 Syarat Bahan Kedap Suara yang baik untuk dinding Studio Musik

Bahan Kedap Suara
Bahan kedap suara berfungsi untuk menginsulasi suara dalam sebuah ruangan atau bidang. Bahan kedap suara umumnya dipakai untuk meredam suara dari luar yang masuk kedalam ruangan dan suara dari dalam yang keluar ruangan. Untuk varian bahan kedap suara, banyak sekali produk pabrikan atau benda-benda olahan tangan yang dijadikan sebagai bahan kedap suara. Bukan soal harga atau bentuk yang menjadi prioritas syarat bahan kedap suara yang baik. Ada beberapa poin yang perlu kita lihat pada produk tersebut. Di bawah ini, akan dijabarkan apa saja syarat bahan kedap suara yang baik.

Lima Syarat Bahan Kedap Suara yang Baik

1. Tingkat Densitas (Massa Jenis) Permukaan
Bahan kedap suara yang memiliki densitas (massa jenis) permukaan yang lebih besar memiliki nilai kedap suara yang lebih besar pula. Densitas permukaan adalah berat bahan tipis yang mendekati nol dibagi dengan luas permukaan bahan tersebut. Satuan densitas permukaan adalah kilogram per meter persegi (kg/m2).
Contoh:
Densitas permukaan MDF 3mm adalah 1.93kg/m2 memiliki STC 9 dan densitas permukaan Triplek 3mm adalah 0.71kg/m2 memiliki STC 5. STC singkatan dari Sound Transmission Class dan menunjukan indeks pengurangan transmisi suara material tertentu. Semakin besar angka STC, maka material tersebut memiliki kemampuan kedap suara yang lebih besar pula. Dari contoh tersebut, terlihat bahwa semakin besar densitas permukaan sebuah material, maka semakin besar pula nilai STC-nya.

2. Tingkat Tahanan Udara (Flow Resistivity)
Material dengan tingkat tahanan udara yang tinggi memiliki nilai kedap suara yang lebih baik. Material dengan tingkat tahanan udara yang kecil umumnya memiliki pori rongga udara yang renggang. Sebagian besar orang menggunakan bahan berpori untuk membuat dinding kedap suara yang mana hasilnya sering kali mengecewakan. Material dengan pori rongga udara yang rapat menyulitkan gelombang suara untuk merambat melalui rongga udara antarserabut.
Contoh:
Kain dengan pori rongga udara yang renggang lebih transparan suara dibandingkan dengan kain dengan pori rongga udara yang rapat.

3. Tidak Turut Bergetar atau Dapat Meredam Getaran
Bahan kedap suara yang baik tidak mudah bergetar atau meneruskan getaran sehingga mampu meredam getaran.
Contoh:
Pemasangan panel partisi dengan konstruksi rangka besi hollow dan panel gipsum kerap kali menimbulkan bunyi rangka hollow yang saling beradu karena getaran suara. Bunyi baru ini sering disebut sebagai flanking noise. Gambar di bawah memberikan contoh panel soundproofing yang mampu meredam getaran.

4. Memantulkan Suara
Ciri lain bahan kedap suara yang baik adalah bahan tersebut memantulkan suara. Bahan yang memantulkan suara lebih besar cenderung memiliki nilai kedap suara yang lebih besar. Karena semakin besar energi suara yang dipantulkan, maka semakin sedikit energi suara yang diteruskan.
Contoh:
Ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari beton lebih banyak memantulkan suara dibandingkan dengan ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari kayu.Ruangan yang keenam bidangnya beton lebih memantulkan suara. Ruangan yang keenam bidangnya kayu lebih sedikit memantulkan suara

5. Aman Bagi Manusia dan Lingkungan
Syarat yang paling penting bagi bahan kedap suara adalah keamanan bagi manusia dan lingkungan. Keamanan dalam hal ini adalah aman buat kesehatan manusia, yaitu tidak beracun. Aman terhadap ancaman kebakaran karena tidak cepat merambatkan api. Selain itu, bahan kedap suara harus bisa berumur panjang karena masa pakai sebuah properti bisa sampai 20 tahun lebih.
Contoh:
Bahan yang sering digunakan sebagai kedap suara yang terbuat dari serat mineral bebatuan. Kita ambil contohnya rockwool. Serbuknya dapat mengganggu pernapasan. Sedangkan, Acourete Mat Resin 2A lebih efektif sebagai bahan kedap suara, terutama dari segi keamanan dan lingkungan bagi manusia.

Acourete Mat Resin 2A terbuat dari bahan yang aman terhadap manusia dan lingkungannya. Rockwool terbuat dari serat mineral bebatuan sehingga serbuknya dapat mengganggu pernapasan

Acourete Mat Resin 2A Memenuhi Kelima Syarat Kedap Suara
Acourete Mat Resin 2A adalah bahan yang dikembangkan secara khusus sebagai bahan kedap suara. Acourete Mat Resin 2A memenuhi kelima persyaratan di atas.

Acourete Mat Resin
Acourete Mat Resin memilki nilai densitas permukaan yang sangat tinggi yaitu sebesar 2000kg/m3 atau setara dengan densitas tembok batu bata merah walaupun Acourete Mat Resin 2A jauh lebih tipis daripada batu bata merah. Lalu, Acourete Mat Resin 2A adalah material viskoelastis yang efektif meredam getaran. Jadi, suara yang dirambatkan pada permukaan partisi teredam dengan baik. Selain itu, Acourete Mat Resin 2A memiliki ketahanan udara yang tinggi sehingga gelombang suara lebih sulit untuk menembus permukaan. Juga, Acourete Mat Resin 2A sanggup memantukan suara dan memiliki nilai STC 29 atau setara dengan tembok batu bata dengan ketebalan 10cm. Terakhir dan sangat penting dari Acourete Mat Resin 2A adalah aman buat manusia dan lingkungan.

Biaya Pasang Peredam Suara Ruangan

Tahukah anda bahwa biaya pasang peredam suara ruangan dapat dihitung sejak awal? Untuk membuat ruangan berperedam suara kita membutuhkan ruangan yang ada baik ruangan los yang belum disekat ataupun ruangan yang sudah disekat tembok untuk dipasang peredam suara. Maka ukuran volume ruangan adalah titik penting untuk menghitungnya. Sebelum kita membahas mengenai biaya pasang peredam suara ruangan, kita bahas dahulu beberapa point penting yang perlu dilihat sebelum membahas dan mempelajari biaya pemasangan peredam suara ruangan.

Banyak kesalahpahaman mengenai peredam suara yang sering dipikirkan oleh orang banyak, apa sajakah itu?

1. Pasang peredam suara pasti tidak bocor suara. Sering dipikir bahwa ketika ruangan dipasang peredam suara maka otomatis ruangan itu akan kedap suara dan tidak bocor suara, maka banyak kontraktor peredam suara yang tidak faham memasang rockwool dan gypsum saja bisa menyelesaikan masalah kebisingan suara ruangan. Ini adalah kesalahan besar yang sering terjadi. Umumnya orang ingin harga murah dan akhirnya kontraktor peredam suara yang kurang jujur menjelaskan hal ini meyakinkan klien bahwa tidak akan bocor suara dengan hanya memasang rockwool dan gypsum saja. Kenyataanya kebocoran suara terjadi disemua jenis frekuensi dan semua bidang.

Mengapa hal ini terjadi? kontraktor peredam suara yang tidak faham mengenai bahan yang dipasang, sering meyakinkan klien bahwa suara tidak bocor dengan hanya memasang rockwool dan gypsum saja. Padahal semua bahan material peredam suara atau material kedap suara memiliki yang namanya nilai sound transmission class (stc) atau sound transmission los (stl). Jadi setiap bahan peredam suara yang dipasang dalam ruangan selalu memiliki nilai stc ini. Nilai stc atau stl inilah yang menentukan sedikit banyak apakah bahan yang dipasang itu mampu memblok suara atau masih bocor selain teknik pasang yang baik dan benar. Jika kekuatan kebisingan suara mencapai 100 decibel (db) dengan kekuatan kebisingan suara loq frekuensy dominan mencapai 40 persen, maka memasang rockwool dan gypsum saja akan sia sia dan tidak berguna sama sekali. Mengapa demikian? selain memiliki nilai stc atau stl bahan peredam suara atau bahan kedap suara memiliki kemanmpuan untuk memblok secara efektif jenis frekuensi tertentu. Misalnya bahan peredam suara rockwool dengan densitas 100 kg tebal 5 cm memiliki nilai stl sebesar 20 decibel pada frkuensi mid dan high, namun pada frekuensi loq hanya mampu memblok 8 decibel, maka tentu memasang rockwol dan gypsum saja untuk membuat ruangan berperedam suara yang baik danbenar akan membuang buang biaya. Faham maksud saya?

Berbeda ketika tingkat kebisingan suara didalam ruangan karaoke atau studio musik yang mencapai 80 decibel dan dominan pada frekuensi mid dan high, maka pemilihan dan penyusunan bahan material peredam suara seharusnya bisa menunjang seberapa kedap suara yang dikehendaki diblokir. Misalnya menggunakan air space 5 cm, karet peredam suara 3 cm, rockwool densitas 100 kg tebal 5 cm, gypsum 12 mm double, rangka, mdf board 12 mm, busa ati, karpet dan lainnya, maka kita bisa menghitung nilai stc atau stl tadi dengan mendekat 100 persen benar. Misalnya nilai stl yang dipasang adalah 70 db sementara kekuatan kebisingan adalah 80 db maka jika ruangan sudah ada temboknya, kita harus bisa menghitung nilai stl tembok juga, bahan peredam suara yang dipasang akan maksimal menahan daya bising suara 80 decibel.

2. Pasang peredam suara pasti mahal. Mahal dan tidaknya bahan peredam suara yang dipasang adalah hukum alam secara ekonomi. Tentu harga murah peredam suara tidak mungkin bisa memblok suara dengan tingkat kebisingan mencapai 100 decibel atau lebih. Mengapa? bahan peredam suara murah umumnya memiliki nilai stl yang rendah artinya memiliki daya blokir suara yang tidak maksimal. Maka untuk memblok suara yang semakin keras tentu harus menggunakan bahan material yang sepadan sehingga daya blokir suaranya juga maksimal. Faham kan maksudnya? Maka secara ekonomi ada kualitas maka ada harga sepadan yang harus dibayarkan. Untuk memasang peredam suara ruangan memang patokan utama adalah menggunakan nilai stl bahan material dan tingkat kebisingan suara yang ada. Sebagai contoh kita membangun ruko 2 lantai, maka ruko lantai 1 dan lantai 2 tentu memiliki nilai daya tahan beban maksimal. Misalnya dihitung daya beban maksimal adalah 1 ton di lantai 2, sementara anda memasukan mesin produksi dengan beban seberat 2 ton, tentu akan jebol dan tidak akan kuat. Sama persis dengan bahan material peredam suara ruangan yang dipasang tentu memiliki nilai daya kedap suara maksimal sesuai hitungan nilai stl tadi. Jadi jika mau memasang peredam suara hitung dulu seberapa besar tingkat kebisingan suaranya dan nilai stl bahan yang digunakan maka hasilnya akan lebih pasti. Memasang rockwool dan glasswool saja tidak membuat ruangan menjadi kedap.

3. Pasang peredam suara hanya di dinding saja. Suara adalah energi yang umumnya menyebar dominan melalui medium udara. Selama masih ada udara bisa bergerak maka selama itu pula suara akan bocor. Jika anda memiliki ruangan tembok namun atasnya adalah langsung genteng tanpa dak, maka anda harus memasang peredam suara di empat sisi dinding dan plafon. JIka posisi ruangan di lantai 2 dan sumber suara menghasilkan kebisingan dominan di loq frequency dan menyebabakn structure noise maka bisa jadi anda harus memasang peredam di sisi tembok, plafon dan lantai. Itu jika anda mau ruangan kedap suara secara maksimal.

Jika anda memiliki ruangan untuk digunakan sebagai ruangan karaoke, maka sebaiknya anda memilih ruangan yang memiliki dak diatas plafon atau dilantai basement sehingga secara teori suara akan lebih mudah diisolasi dibandingkan dengan ruangan dilantai 3 dan atasnya langsung genteng. Hal ini juga untukmengurangi biaya pemasangan peredam suara yang bisa anda hemat.

Menghitung Biaya Pasang Peredam Suara Ruangan
Sesudah anda membaca mengenai sedikit informasi mengenai bahan peredam suara, macam bahan yang dipasang dan daya kedapnya, maka tentu kita selangkah lebih maju untuk menghitungnya dengan lebih tepat. Apakah bisa memberikan harga tanpa menghitung nilai stl dan daya kedap suaranya? Bisa, itu namanya dagang asal asalan yang hasilnya pasti asal asalan jadinya. Maka disini saya akan membahas faktor apa saya yang menentukan harga pasang peredam suara atau biaya pemasangan peredam suara ruangan dan perhitungan biayanya secara umum.

Biaya pasang peredam suara tidak dapat diukur dengan suatu nilai rupiah tertentu sebelum faktor faktor seperti ukuran ruangan, bahan material yang digunakan, fungsi ruangan diketahui, bahan peredam gema dipakai, dan target decibel (sound meter) yang hendak dicapai dapat diketahui, maka biaya pasang peredam suara sulit diketahui. Oleh karena itu kami menyarankan anda untuk mengetahui sedikit informasi mengenai peredam suara ini agar anda faham apa yang anda beli, faham mengenai bahan peredam suara yang dipasang dan bahan peredam gema yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk memperjelas hal hal diatas mari kita bahas satu persatu agar kita semakin memahami dan bisa mengerti lebih dalam, termasuk soal perencaaan anggaran biaya yang sering kali kita masih ragu dan bimbang.

1. Volume Ruangan . Volume ruangan merupakan hal yang memang tidak terlalu penting, namun usahakan memiliki ruangan dengan volume minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m sehingga cukup nyaman untuk duduk, dan menata ruangan, misalnya untuk karaoke atau studio serta sofa. Jika terlalu sempit maka kenyamanan juga bisa berkurang. Jika ada luas yang lebih besar misalnya 5mx6 mx3 m maka akan semakin baik. Volume rungan ini kadang digunakan orang untuk bernyanyi sambil berdiri dan berjoget. Maka jika ukuran terlalu kecil, bisa jadi kenyamanan kita juga tidak memuaskan. Maka pilihkan kamar ruangan dengan minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m agar kenyamanan berkaraoke bisa tetap terjaga.

2. Desain Interior Ruangan. Umumnya semua ruangan karaoke atau studiomusik memiliki tema dan warna. Bisa jadi kita menyukai tema dan warna natural, tema dan warna white, tema dan warna merah hitam, tema dan warna simple dan minimalis, tema dan warna ruangan karaoke mewah dan elegan. Semuanya itu adalah tema dari ruangan karaoke yang harus didesain dahulu agar bisa dikerjakan sesuai desain interior ruangan karaoke yang disetujui. Untuk desain interior karaoke ini umumnya kita menggunakan banyak elemen pembentuknya mulai dari kayu, metal, wallpaper, karpet, led strip lamp, gypsum, parket atau vinyl, dan lainya dengan nuansa warna yang disesuaikan dengan tema dan keinginan klien. Untuk pembuatan desain interior ruangan karaoke, akan diberikan pada saat awal atau saat kontrak sudah disetujui sehingga akan ada pembuatan desain karaoke beserta tema dan warna yang mau dibuat.

3. Tingkat daya kedap suara. Jika memang menginginkan ruangan memiliki daya kedap yang diinginginkan maka kita harus melihat nilai stl dari bahan yang dipasang serta berapa decibel daya tahannya untuk memblok suara. Umumnya ada pilihan untuk memblok suara dari pilihan 1, 2 dan seterusnya, yaitu dari daya blokir suara minimal, sedang dan maksimal.

4. Rencana Anggaran Biaya Pembuatan Ruangan. Anggaran biaya sering kali adalah pokok masalah yang menentukan bagaimana ruangan itu terbentuk baik dari sisi desain maupun daya kedap suara. Maka mungkin perlu dikomunikasikan dulu sebelum eksekusi mengenai anggaran biaya tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik.

Umumnya untuk membuat peredam suara sederhana saja di dalam ruangan studio musik, ruang karaoke, ruangan meeting/rapat dan partisi ruangan, maka membuat ruangan peredam suara secara sederhana dan minimal bisa menggunakan pilihan paket peredam suara. Misalnya harga per meter persegi peredam suara adalah Rp 450.000, maka dihitung volume area yang hendak dipasang yaitu 4 sisi dinding dan 1 sisi plafon dikalihkan harga per meter persegi tersebut. Untuk spek harga Rp 450.000 per meter persegi itu bisa jadi adalah harga dengan spek rendah seperti penggunaan glasswool/rockwool, rangka, gypsum dan lainnya yang jika ditest kekedapannya dan nilai stl nya mungkin hanya 25 decibel saja.

Untuk pastinya berapa harga pasang peredam silahkan hubungi kami, tentu kami akan tanyakan fungsi ruangan, volume ruangan, nilai daya kedap stl yang dikehendaki, dan lain lain. Semoga bisa membantu anda. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *